PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Suatu Study Pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis)

mira tri rahmasari, Nana Darna, Nina Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational citizenship behavior (suatu study pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis)”.Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana  budaya organisasi berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis? 2) Bagaimana kepuasan kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis? 3) Bagaimana budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipoteis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 3,64% sementara 96,36% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Pertahankan dan tingkatan perilaku-perilaku yang ditunjukan selama ini, karena berdasarkan teori perilaku organizational citizenship behavior merupakan tipe khusus dari perilaku kerja yang didefinisikan sebagai perilaku individu yang bermanfaat bagi organisasi.

Full Text:

PDF

References


Fitriastuti, T. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Karyawan. JDM Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2). Diterbitkan : journal.unnes.ac.id (Diakses pada 04 April 2020)

Gunawan, J. S., & Solang, P. D. (2013). Organizational citizenship behavior yang berpengaruh pada kinerja karyawan dan kepuasan konsumen di hotel sheraton surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 120-133. Diterbitkan : publication.petra.ac.id (Diakses pada 07 april 2020)

Hasibuan, M. S. 2011. Manajemen sumber daya manusia edisi revisi. Bumi Aksara, Jakarta, 288.

Hasibuan, M. S. 2014. Manajemen sumber daya manusia edisi revisi. Bumi Aksara, Jakarta, 288.

Hasibuan, M. S. 2017. Manajemen sumber daya manusia edisi revisi. Bumi Aksara, Jakarta, 288.

Rivai, V., & Jauvani, E. Sagala. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, P. S., & Coulter, M. 2010. Manajemen, diterjemahkan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani. Jakarta : Erlangga.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2015. Perilaku organisasi edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat, 11.

Schein, E. H. 2010. Organizational culture and leadership (Vol. 2). John Wiley & Sons.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung :Alfabeta.

Tambe, S. 2014. A study of organizational citizenship behaviour (OCB) and its dimensions: a literature review. Diterbitkan : www.orjbm.org (Diakses pada 18 Juni 2020)

Titisari, P. 2014. Peranan organizational citizenship behavior (OCB) dalam meningkatkan kinerja karyawan. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Umam, K. 2010. Perilaku organisasi. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.