PENGARUH TAGLINE DAN JINGLE IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS (Suatu Studi pada Konsumen Yamaha Bahana Cahaya Sejati Ciamis )

Lifia Saltiyana Dewi, Elin Herlina, Kasman Kasman

Abstract


Lifia Saltiyana Dewi. Nim. 3402160228.“ Pengaruh Tagline Dan Jingle Iklan Terhadap Brand Awareness.(Suatu Studi pada Konsumen Yamaha Bahana Cahaya Sejati Ciamis ).Di Bawah Bimbingan Elin Herlina .S.Pd.,M.M (Pembimbing I) Dan Kasman, Drs., M.M. (Pembimbing II).Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1).Bagaimana pengaruh tagline terhadap brand awareness sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Cahaya SejatiCiamis?2).Bagaimana pengaruh jingle iklanterhadap brand awareness sepeda motor merek Yamaha pada BahanaCahaya Sejati Ciamis?3).Bagaimana pengaruh tagline dan jingle iklan terhadap brand awareness sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Cahaya SejatiCiamis?.Berdasarkan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:; 1). Pengaruh tagline terhadap brand awareness sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Cahaya Sejati Ciamis.2).Pengaruh jingle iklan terhadap brand awareness sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Cahaya Sejati Ciamis.3).Pengaruh tagline dan jingle iklan terhadap brand awareness sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Cahaya Sejati Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Dari perhitungan diatas maka dapat diketahui persamaan regresinya yaitu :Y= 8,118+ 0,334 X1 + 0,836 X2. Yang artinya apabila bobot X1 bertambah 1 maka bobot Y akan mengalami kenaikan sbesar 0,334, begitu pula apabila X2 bertambah 1 maka Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,836. Dari perhitungan diatas dapat diketahui koefisien korelasi antara variabel Tagline dan Jingle terhadap Brand Awareness yaitu sebesar 0,764. Berdasarkan tabel tingkat koefisien korelasi, angka 0,764 berada antara 0,60 – 0,799yang artinya sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa Tagline dan Jingle memiliki korelasi terhadap Brand Awareness dengan tingkat korelasi kuat. Berdasarkan perhitungan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Tagline dan Jingle terhadap Brand Awareness mempunyai presentase pengaruh sebesar 58,36% dan sisanya 41,64% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari perhitungan diatas dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 64.530 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,88 artinya bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu Tagline dan Jingle berpengaruh terhadap Brand Awareness. Dengan taraf nyata 0,05 yang berarti kita mempercayai 95% bahwa Tagline dan Jingle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada Yamaha Bahana Cahaya Sejati Ciamis . Dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Aaker David.A. 1991. Manajemen Equitas Merek, mamanfaatkan nilai dari suatu merek. Jakarta: Mitra Utama

A.B. Susanto dan Hilmawan Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta : Penerbit Mizan Publika Jakarta.

Altsiel, T. dan Grow, J. 2007. Advertising creative: strategy, copy, and design. California: SAGE.

American Marketing Association (AMA) yang dikutip oleh Philip Kotler dan Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran. 2009

Ambarwati, E. R. dan Wulandari, D. 2010. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Nuha Medika.

A.M, Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta : Penerbit Kencana.

Darno. 2007. Efektifitas Taqline dalam Meningkatkan Brand Awareness

Dharmmesta,B.S. dan Handoko,T.H. 1982. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Liberty : Yogyakarta

Durianto,Sugiarto dan Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui.

Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka.

Durianto, D dan Sugiarto dkk. 2004. Brand Equity Tren Strategy Memimpin Pasar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. 2013. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Hermawan, A. 2013. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hoyer, WD, dan Deborah J. Macinnis. 1997. Consumer Behavior. Boston: Houghton Mifflin Company.

Ismiati, Nanik. (2000). Slogan Tagline Senjata Pamungkas Iklan. Jakarta:

PT.Gramedia Pustaka Utama.

J. Shultz, Philip William. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan-7.dalam buku Prof.Dr. H. Buchari Alma.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

_______., Philip. 2006. Manajemen pemasaran. Jilid I. Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.

_______.dan Amstrong. 2007. Dasar-dasar pemasaran. Edisi kesembilan,Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Indeks.

_______. dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

_______. Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta : Erlangga.

_______. dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

_______. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran jasa. Edisi kedua. : Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Morissan. (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenasa

Media Group.Nuradi. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.

Pelsmacker dan Joeri, V. 2004. Marketing Communications A European Perspective. London : Prentice Hall.

Peter J P dan Olson J C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy 9thed. New York, USA: Mc Graw Hill

Sandra Moriarty, dkk. 2011. ADVERTISING. Jakarta: Kencana.

Simamora, B. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif &Profitabel. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Soehadi, Agus W. 2005. Effective Branding : konsep dan aplikasi pengembangan merek yang sehat dan kuat. Bandung : Quantum Bisnis dan Management.

Solomon, Michael dkk. 2006. Consumer Behaviour: Aeuropean Perspective 3rdEdition.Essex: Pearson Education Ltd.

Suharno dan Yudi, S. 2009. Marketing in Practise. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.