ANALISIS BALANCED SCORE CARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT AL-ARIF CIAMIS

egi ramdani sudjana, Nurdiana Mulyatini, Elin Herlina

Abstract


ANALISIS BALANCED SCORE CARDSEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJAPADA RUMAH SAKIT AL-ARIF CIAMIS  Oleh: EGI RAMDANI SUDJANA3402150124  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya pemakaian tempat tidur pada satu waktu tertentu BOR (Bed Occupancy Ratio) masih kurang sesuai dari standar ideal yang harusnya antara 60 – 85 % namun disini hanya mencapai 36 %. Selain itu LOS (Length of Stay) yaitu tentang lamanya pasien rawat inap juga masih kurang dari standar ideal yang harusnya 6 – 9 hari, disini hanya mencapai rata-rata selama 3 hari. Hal ini menunjukkan bahwa perspektif  proses bisnis internal pada RS Al-Arif belum sepenuhnya optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Bagaimana Analisis Balanced Score Card Perspektif  Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja di Rumah Sakit AL-Arif?; 2) Bagaimana Analisis Balanced Score Card Perspektif Pelanggan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja di Rumah Sakit AL-Arif?; 3) Bagaimana Analisis Balanced Score Card Perspektif Proses Bisnis Internal Sebagai Dasar Penilaian Kinerja di Rumah Sakit AL-Arif?; 4) Bagaimana Analisis Balanced Score Card Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran Sebagai Dasar Penilaian Kinerja di Rumah Sakit AL-Arif? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kulaitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari pihak perusahaan.  Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1)Pengukuran pada perspektif keuangan Rumah Sakit Al Arif Ciamis dapat dikatakan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari adanya pertumbuhan aset RS; 2) Pengukuran pada perspektif pelanggan yaitu kepuasan pelanggan, menunjukkan bahwa Rumah Sakit Al Arif Ciamis mempunyai kinerja yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hubungan baik antara pihak Rumah Sakit Al Arif Ciamis dengan para pelanggan atau pasien; 3) Pengukuran pada perspektif bisnis internal yang meliputi inovasi juga menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya inovasi pengembangan pelayanan dan proses operasi yang mengedepankan keefektifan waktu dalam bekerja, baik dalam hal pelayanan medis maupun non medis/ administrasi; 4) Pengukuran pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu kepuasan karyawan menunjukkan bahwa kepuasan karyawan sudah dapat dikatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan ketersediaan SDM terampil dan sistem informasi yang memadai . Kata Kunci : Balanced Score Card dan Penilaian Kinerja

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Annafi, A. 2010. Perancangan Strategi dengan Perspektif Balanced Scorecard pada PT. Relife Realty Indonesia. Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut pertanian Bogor, Bogor.

Dirgantoro, C. 2004. Manajemen Strategik. Konsep, Kasus dan Implementasi. PT Grasindo, Jakarta.

Hernanto, Y. 2009. Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor. Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut pertanian Bogor, Bogor.

Hertz, H. S. 2007. Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Jasfar, F. 2005. Manajemen Jasa. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kaplan, R.S. dan D. P. Norton. 1996. The Balanced Scorecard : Translating Strategy Into Action. Mc Graw-Hill, USA.

Kinnear, Taylor. 1996. Marketing Reaserch, an Applied method. Mc Graw – Hill. USA.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12: Jilid 2. Indeks, Jakarta.

Mangkunegara, AA. AP. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipat Ganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi. 2005. System Manajemen Strategic Berbasis Balance Scorecard. UPP AMP YKPN.

Nasution, M. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 5 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Jasa Titipan Rivai, V dan Basri. 2005. Performance Appraisal : Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Rajagrafindo Persada, Jakarta

Yuwono, S. dkk. 2006. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard : Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.