PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND AWARENESS (Studi Kasus Pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya)

Fauzan Suriaramadhan, Sukomo Sukomo, Iyus Yustini

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness (Studi Kasus Pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana Word of Mouth pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya?; 2) Bagaimana Brand Awareness pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya?; 3) Seberapa Besar Pengaruh Word Of Mouth terhadap Brand Awareness pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Word of Mouth pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya.; 2) Brand Awareness pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya.; 3) Besarnya Pengaruh Word of Mouth terhadap Brand Awareness pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif dan analisis regresi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana Rank Spearman, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Hipotesis menggunakan Uji t dan Uji Hipotesis menggunakan Uji F (Uji Signifikan).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa: 1) Word Of Mouth pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya termasuk dalam kategori Kuat. Namun demikian masih terdapat skor rendah pada indikator word of mouth yaitu Membicarakan. 2) Brand Awareness pada Konsumen Kopi Naw Naw Tasikmalaya termasuk dalam kategori kuat, meskipun masih terdapat skor rendah pada indikator brand awareness yaitu Consumption. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan word of mouth terhadap brand awareness dengan tingkat hubungan yang kuat, dengan besarnya pengaruh sebesar 40,96%.

Full Text:

PDF

References


Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Yogyakarta: Penerbit Galuh Patria.

Murtiasih, Sri, Sucherly Sucherly, Hotniar Siringoringo. 2013. "Impact of Country of Origin and Word of Mouth on Brand Equity", Journal of Marketing Intelligence and Planning, Vol. 32 No. 5, pp. 616-629.

Permana, Panji. 2015. Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness, Dan Nilai Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli. Skripsi pada Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Diterbitkan.

Pradana, Edwin Putra. 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Brand Loyalty melalui Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi. Jurnal pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Diterbitkan.

Priansa. Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabet.

Wicaksono, M dan Seminari, N. 2016. Pengaruh Iklan Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness. Jurnal pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.