PRILAKU MINAT PENGGUNAAN QRIS BANK INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN TRANSAKSI PEMBAYARAN ONLINE

Tine Badriatin, Wursan Wursan, Lucky Radi Rinandiyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penggunaan QRIS Bank Indonesia terhadap penggunaan transaksi pembayaran pada peserta UMKM Kota Tasikmalaya yang mengikuti seminar sosialisasi penggunaan QRIS Bank Indonesia pada saat pertama launching. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi peserta UMKM Kota Tasikmalaya yang mengikuti seminar sosialisasi penggunaan QRIS BI. pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu, yaitu dipilih responden yang sudah mengisi survei penggunaan transaksi e-money menggunakan QRIS Bank Indonesia sehingga diperoleh 37 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang meliputi 5 aspek yaitu: persepsi kemudahan penggunaan, persepi kegunaan, sikap terhadap penggunaan teknologi, minat perilaku menggunakan teknologi, dan penggunaan teknologi sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek intensitas penggunaan teknologi menggunakan pembayaran e-money QRIS BI memiliki nilai paling rendah yaitu 32.4% yang menunjukkan bahwa penggunaan sistem QRIS BI masih belum efektif dalam penggunaan transaksi pembayaran sehingga masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan lagi melalui sosialisasi penggunaannya.

Full Text:

PDF

References


Aditya A.H, Siti R.H, Heru S. (2013). Analisis atas Praktek TAM dalam Mendukung Bisnis Online dengan Memanfaatkan jejaringan social Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.26, No.1, September 2015.

Akbar, W. 2013. Penerimaan dan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Twitter di Lingkungan Mahasiswa dengan Pendekatan TAM (Survey pada Mahasiswa FIA UB pengguna situs jejaringan social twitter). Sarjana Thesis. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Davis, K. (1986). Personal Management and Human Resource, 2ed. Singapore; McGraw Hill Book Company.

Hanif Astika Kurniawati, Wahyu Agus Winarno, Alfi Arif. 2017. Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2017. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember (UNEJ). Vol. IV, No. 1. 24-29.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta, CV.

Tine Badriatin, Lucky Radi Rinandiyara, Elis Listiana Mulyani. 2018. Pemasaran Produk UMKM Binaan pada Pasar Keuangan Rakyat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). Vol. 2, No. 2. 149 – 153.

https://www.radartasikmalaya.com/efisiensi-transaksi-dengan-qris/

https://money.kompas.com/read/2019/08/19/132824026/bi-sinyal-internet-di-daerah-menjadi-hambatan-implementasi-qris


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.