PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis)

Aditya Martiana, Aini Kusniawati, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini difokuskan pada Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana Sales Promotion pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis ? 2) Bagaimana Keputusan Pembelian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis ? 3) Bagaimana Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelan  PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Sales Promotion pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis 2) Keputusan Pembelian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis 3) Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif deskriftif verifikatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Rank Spearman, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis dengan besarnya pengaruh 50,41% dan sisanya 49,59% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis mempertahankan sales promotion atau promosi penjualan sehingga akan meningkatkan keputusan pembelian dimasyarakat sehingga memberikan kesan baik untuk konsumen yang melakukan pembelian ke dealer tersebut. Kata kunci : Sales Promotion dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

Untitled PDF

References


Evlin dan Riris. 2016. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Cv. Berkat Abadi Motor Ujungberung. Jurnal Ekono Insentif Kopwil4. Volume 10 No. 2. ISSN: 1907 – 0640.

Gita & Seno. 2017. Pengaruh Promosi Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt.Global Jaya Perkasa Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 4 No. 2

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlangga

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1 ed 13. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jilid 2, Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabet.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabet.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabet.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan Dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI.

Utomo , Budi. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Beli Konsumen Terhadap Merek Sepeda Motor Honda (Studi Kasus di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali). Manajemen. Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.