PENGARUH PENGAWASAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Pegawai Rumah Sakit Al-Arif Kab. Ciamis)

dwiki nursyamsi, Sukomo sukomo, Elin Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Pengawasan dan Karakteristik Individu terhadap Kinerja Pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif  Kabupaten Ciamis.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Seberapa besar pengaruh pengawasan terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis?; 2) Seberapa besar pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis?; 3) Seberapa besar pengaruh pengawasan dan karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis?Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh pengawasan terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis; 2) Besarnya pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis; 3) Besarnya pengaruh pengawasan dan karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Populasi yang diambil 75 orang pegawai, sampel yang digunakan adalah sebanyak 75 orang menggunakan rumus sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengawasan terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis. Artinya apabila pengawasan meningkat maka kinerja pegawai akan meningkat, sedangkan besarnya pengaruh sebesar 42,51%; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis. Artinya apabila karakteristik individu meningkat maka kinerja pegawai akan meningkat, sedangkan besarnya pengaruh sebesar 40,32%; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengawasan dan karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Al-Arif Kabupaten Ciamis. Artinya apabila pengawasan dan karakteristik  individu meningkat maka kinerja pegawai  juga akan meningkat, sedangkan besarnya pengaruh sebesar 48,44%.

Full Text:

PDF

References


Anastasya. 2016. Pengaruh Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pipit Mutiara Indah di Desa Sekatak Buji Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan. Jurnal eJournal Administrasi Bisnis, Vol 4, No 2.

Ernie dan Saefullah. 2005.Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia(Cetakan Ke Delapan Belas). Yogyakarta: BPFE

¬¬¬¬Hasibuan, S.P. Malayu. 2014. Manajemen. Edisi Revisi, Cetakan ke 10. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mathis, R.L, Jackson, J.H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Mathis, R.L, Jackson, J.H. 2010.Manajemen Sumber Daya Manusia, Penterjemah Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Rahman, Abdul. 2013. Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala. Jurnal E-Jurnal Katalogis, Vol 1, No 2.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Afabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.