PENGARUH STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE DAN PERILAKU KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (Suatu Studi pada Bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis)

keni okihana, Aini Kusniawati, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi olehbelum optimalnya kualitas pelayanan pada Bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya penerapan strategi competitive advantage dan perilaku karyawan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh strategi competitive advantage terhadap kualitas pelayanan?; 2) Bagaimana pengaruh perilaku karyawan terhadap kualitas pelayanan?; 3) Bagaimana pengaruh strategi competitive advantage dan perilaku karyawan terhadap kualitas pelayanan pada Bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah rata-rata nasabah bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis selama Bulan Januari-Desember  tahun 2019 yaitu 1.421 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Hasil penelitian  sebagai berikut: 1)  Strategi competitive advantage pada Bank BTPN Syariah Area Cisaga sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan strategi competitive advantage terhadap kualitas pelayanan; 2) Perilaku karyawan pada Bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan perilaku karyawan terhadap kualitas pelayanan; 3) Kualitas pelayanan pada Bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan strategi competitive advantage dan perilaku karyawan terhadap kualitas pelayanan  pada  Bank BTPN Syariah Area Cisaga Ciamis.

Full Text:

PDF

References


Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Handoko, Hani. 2010, Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, Edisi kedua, BPFE UGM Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Lancaster, J. 2010. Sompetitive advantage. 4th ed. Elsevier: America.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Meyer. 2013. The Measurement and Antecedents of Affective,. Contintinuance and Normative Commitment to Organitazion.

Porter, Michael, E. 2008. Strategi Bersaing (Competitive strategy). Tanggerang: Karisma publishing group.

______. 2010. Basic Econometrica. Fifth Edition. New York : Mc Graw Hill.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba. Empat. Jakarta.

Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Bandung, Linda Karya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

______. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

______. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Suprihanto, 2011, Penilaian Kinerja dan Pengembangan Sumber Daya. Manusia, BPFE,Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.