PENGARUH KELUHAN PELANGGAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

ely rinjani, Muhammad Zaki Rahman, Wiwin Setianingsih

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Keluhan Pelanggan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju).Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh keluhan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju? ; 2). Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju? ; 3). Bagaimana pengaruh keluhan pelanggan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh keluhan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju; 2). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju; 3). Pengaruh keluhan pelanggan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa keluhan pelanggan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju dengan besarnya pengaruh 67,73% dan sisanya 32,27% dipengaruhi faktor lain. Diharapkan Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju dapat memperhatikan dan mengurangi keluhan pelanggan dan memperhatikan kualitas produk sehingga akan meningkatkan keputusan pembeliannya.

Full Text:

PDF

References


Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosial.Yogyakarta: Gaya Media.

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Amstrong, dan Kotler 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Annora Azzahra, 2015.Pengaruh keluhan pelanggan. Bandung.

Angipora. 1999. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ardiyani, Inggit Putri.2016.Penanganan keluhan Pelanggan. Bandung.

Bilson, Simamora. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran.Ombak : Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa, Edisi pertama, Yogyakarta; Penerbit Bayumedia Publishing

Furianto dan Ahmad, Rizal. 2009 . “Proses Penanganan Keluhan Pelanggan. Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.2005.

Gaspersz,Vincent.“Total Quality Control”.Cetakan Keempat,Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.2005.

Gultom, M. C., dan F. Syarif. 2008. “Pengaruh Kebijakan Leverage, Kebijakan Deviden, dan Earning Per Share Terhadap Nilai Perusahaan”, Jurnal Akuntansi , 47.

Handoko, T. Hani. 2009, Manajemen, Cetakan Duapuluh, Yogyakarta : Penerbit BPEE.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan MasalahEdisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

I Gede, Auditta., Sutrisno., M. Ahcsin.,2011, Ciri produk berkualitas. Pascasarjana Universitas Brawijaya. Terakreditasi SK Dirjen Dikti No. 66b/Dikti/Kep/2011.

Iqbal Hasan. 2012 . Analisis Data Penelitian Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Jogiyanto, H.M. 2007. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Prehallindo.

_______ Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

_________ dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Menteri Perdagangan Nomor 53 Tahun 2008 tentang penataan dan pembinaan Pasar Tradisional.

Mulyadi. 2013. Kualitas Produk,Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Mursyid, A.W.M dan Zuprizal. 2005. Kualitas Produk. Yogyakarta : Buletin Peternakan,29 (2): 71-78.

Olii, Helena. 2006. Opini publik dalam keluhan pelanggan. Jakarta: PT Indeks.

Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan. Edisi 1. Cetakan Kedelapan. BPFE. Yogyakarta.

Safroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing.

Septi Winarsih, Atik & Ratminto. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta : Kencana.

Schiffman dan Kanuk, Amelia. 2009. “Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita”. Juarnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol. 1, No. 2

Suharno. 2010.Dasar-Dasar KebijakanPublik. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

________. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

________, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

________, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sujatna, Eva Tuckyta Sari. 2008. Manajemen Pemasaran. Sumedang. Uvula Press.

Syamsi, Ibnu, S.U., (2010). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Cetakan kedua, Jakarta : Bumi Aksara.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wicaksono, Andri.dkk. (2015). Keluhan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudawacha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.