IMPLEMENTASI IMPORTANCE AND PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis)

Sri Agustini, Enjang Nursolih, Kasman Kasman

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini berupa terdapatnya gap data tingkat kepentingan dengan tingkat kinerja serta nilai kesenjangan pada penilaian kinerja dengan menggunakan metode penilaian Importance and Performance Analysis (IPA) pada pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran: 1) Implementasi Importance and Performance Analysis (IPA) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. 2) Penilaian kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. 3) Implementasi Importance and Performance Analysis (IPA) dalam penilaian kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian pada saat penelitian dilaksanakan, didasarkan data dan fakta yang ditemui di lapangan untuk kemudian dianalisis dan ditafsirkan, untuk kemudian disimpulkan sehingga menunjukan masalah yang terjadi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan tedapat 4 kuadran penilaian dimana pada kuadran A terdapat dimensi the appraisal process yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Pada kuadran B dimensi integrity dan teamwork harus mempertahankan. Pada Kuadran C dimensi the appraisal interview, the appraisal outcome, dan fairness yang berarti peningkatan yang termasuk dalam kuadaran ini dapat dipertimbangkan kembali karena pengaruhnya terhadap manfaat yang dirasakan sangat kecil dan pada kuadran D adalah commitment, discipline, dan leadership dimana faktor yang termasuk dalam kuadran ini dapat dikurangi agar instansi dapat meningkatkan kinerja pegawai sehingga pada atribut ini dapat mengalokasikan kepada atribut yan akan ditangani yaitu atribut A. Diharapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis lebih meningkatkan pemahaman pegawai mengenai prosedur yang digunakan dalam proses penilaian kinerja. Karena proses penilaian kinerja termasuk ke dalam kuadran yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.Kata Kunci: Implementasi Importance and Performance Analysis (IPA)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Khan, A. H., Haque, A., Rahman, M. S. (2013). What Makes Tourists Satisfied. An Empirical Study on Malaysian Islamic Tourist Destination. Middle-East Journal of Scientific Research, 14(12), 1631-1637, Doi: 10.5829/idosi.mejsr.2013.14.12.2250.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.