ANALISIS CUSTOMER SERVICE MENGGUNAKAN CHATBOT BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (Suatu Studi pada Daya Motor Honda Ciamis)

Tasya Destiany, Yusup Iskandar, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Customer Service Menggunakan Chatbot Berbasis Artificial Intelligence (Suatu Studi pada Daya Motor Honda Ciamis). Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana penerapan chatbot berbasis artificial intelligence pada customer service Daya Motor Honda Ciamis?; 2). Bagaimana cara menggunakan aplikasi chatbot yang diterapkan oleh Daya Motor Honda Ciamis? ; 3). Apakah penerapan chatbot berbasis artificial intelligence menguntungkan bagi customer service dan customer Daya Motor Honda Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Penerapan chatbot berbasis artificial intelligence pada customer service Daya Motor Honda Ciamis; 2). Cara menggunakan chatbot berbasis artificial intelligence yang diterapkan oleh Daya Motor Honda Ciamis; 3). Menguntungkan atau tidaknya penerapan chatbot berbasis artificial intelligence bagi customer service dan customer Daya Motor Honda Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, penfamatan/observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Daya Motor Honda Ciamis menerapkan chatbot berbasis artificial intelligence menggunakan aplikasi whatsapp untuk memberikan informasi kepada pelanggan dengan sistem yang mudah dan dengan waktu yang efisien. Diharapkan Daya Motor Honda Ciamis dapat menerapkan chatbot ke dalam aplikasi lain, dengan demikian pelanggan akan semakin mudah untuk dapat mengakses chatbot. 

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Suharto. 2010. Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Basori, et al. 2018. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta : Erlangga.

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Bandung : Alfabeta.

S.Wallace, R. Alicebot. Tersedia:http://alicebot.blogspot.com/[Desember 2010]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.