analisis perilaku belanja online pada kalangan mahasiswa dikawasan kota ciamis

Tesa Nina Lestari, Yusup Iskandar, Muhammad Zaki Rahman

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada analisis perilaku belanja online pada kalangan Mahasiswa Universitas Galuh Di Kawasan Kota Ciamis.Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini fenomena munculnya online shop menimbulkan perubahan perilaku belanja pada konsumen, kemajuan teknologi serta kemudahan dalam mengakses toko online menjadi faktor pendukung yang melahirkan banyaknya online shop. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perilaku Berelanja online di kalangan mahasiswa Universitas Galuh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian pada saat penelitian dilaksanakan, didasarkan data dan fakta yang ditemui di lapangan untuk kemudian dianalisis dan ditafsirkan, untuk kemudian disimpulkan sehingga menunjukan masalah yang terjadi.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan perilaku belanja online pada kalangan mahasiswa Universitas Galuh Di Kawasan Kota Ciamis dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi dan faktor psikologi. Dimana faktor budaya merupakan diawali dari berbagi antar mahasiswa. Transaksi online tidak sebatas membeli keperluan pakaian dan kosmetik tetapi keperluan makan sehari-haripun lebih sering dilakukan transaksi jual beli secara online. Kemudian adanya faktor sosial dimana lingkungan pergaulan dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk ikut melakukan transaksi jual beli sacara online. Lebih lanjut, faktor pribadi dimana mahasiswa Universitas Galuh mengikuti trend fashion melalui media sosial instagram, twitter dan facebook. Selanjutnya, faktor psikologis dimana adanya motivasi untuk mendapatkan harga yang lebih murah, cash back sampai promo gratis ongkos dan tentu saja kepraktisan.Diharapkan Bagi penjual online diharapkan untuk memberikan informasi yang sesuai dan jelas terhadap produk yang dijual serta menerapkan prinsip kejujuran dalam bisnis online yang dijalankan.

Full Text:

PDF

References


Ade Minanda Dkk, 2018. Prilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Univesitas Halu Oleo Kendari”, Volume 3 Nomor 2, 2018.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budianto, A. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Budiyanto, M.T, Eko, 2013. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Dedy, A.H. & Dita.A. 2018. Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi kasus. Dalam jurnal riswt manajemen sains indonesia (JRMSI). Vol.7, No.4. Tersedia: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi

Handoko, T. Hani, 2009 “Manajemen Sumber Daya Manusaia”, Cetakan IX Jilid I BPFE UGM, Yogyakarta

Hasibuan, M, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hasugian, J. (2005). Pemanfaatan Internet Studi Kasus tentang Pola, Manfaat dan Tujuan Penggunaan Internet oleh Mahasiswa pada Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 1, No. 1, Juni 2005.

Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010) Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin

Juju, D., & Maya, M. (2010). Cara Mudah Buka Toko Online dengan Wordpress+WP E-Commerce. Yogyakarta: Andi Offet.

Komputer wahana, 2014. Membangun Toko Online Multiproduk dengan WordPress dan Woo Comerce. Jakarta: PT Elex Media komputindo.

Kotler dan Armstrong. 2012. Prinsip Pemasaran. Edisi dua belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran edisis Dua Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malayu S.P Hasibuan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Munir. (2011). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Ramadhan, A. (2005). Seri Pelajaran Komputer Internet dan Aplikasinya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ridwan Oskar. 2019. Perilaku Belanja Online Oleh Maha Siswa (Study Kasus Mahasiswa Ankatan 2018 FIA UI).

Tersedia: https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/a0mp/oscar81/5cdb7afe3ba7f77abc1205d2/perilaku-belanja-online-oleh-mahasiswa-studi-kasus-mahasiwa-angkatan-2018-fia-ui

Rivai. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo PerR

Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiaji, B. 1995. Konsumerisme. Akademika. N0.1. Tahun XIII. Muhamadiah University. Surakarta

Sugiyono, 2015. Penelitian kombinasi (mix metode). Bandung: penerbit alfabeta.

________. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA. Vol 1 (3) September 2013.

Wicaksono, Y. (2010). Panduan Praktis Buka Usaha Dengan Modal Laptop. Jakarta: PT ELex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.