PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E – WOM) DAN ELECTRONIC ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi Pada Perusahaan Patroman Coffee Roastry Banjar)

azis saputra, nana darna, ali muhidin

Abstract


PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E – WOM) DAN ELECTRONIC ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Suatu Studi Pada Perusahaan Patroman Coffee Roastry Banjar) Oleh: AZIS SAPUTRA3402160594 Penelitian ini dilatarbelakangi olehbelum optimalnya keputusan pembelian konsumen yang diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan electronic word of mouth dan electronic advertising pada Patroman Coffee Roastery Kota Banjar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana  pengaruh electronic word of mouth  terhadap keputusan pembelian konsumen pada Patroman Coffee Roastery Kota Banjar?; 2) Bagaimana  pengaruh electronic advertising terhadap keputusan pembelian konsumen pada Patroman Coffee Roastery Kota Banjar?; 3) Bagaimana pengaruh electronic word of mouth dan electronic advertising terhadap keputusan pembelian konsumen pada Patroman Coffee Roastery Kota Banjar?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah konsumen pada Patroman Coffee Roastery Kota Banjar yang melakukan pembelian pada bulan Desember 2019 yaitu sebanyak 1.688 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)      Electronic word of mouth pada Patroman Coffee Roastry Banjar adalah sudah baik. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif electronic word of mout terhadap keputusan pembelian pada Patroman Coffee Roastry Banjar; 2) Electronic advertising pada Patroman Coffee Roastry Banjar adalah sudah baik. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif electronic advertising terhadap keputusan pembelian pada Patroman Coffee Roastry Banjar; 3) Keputusan pembelian konsumen pada Patroman Coffee Roastry Banjar adalah tinggi. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif electronic word of mout dan electronic advertising terhadap keputusan pembelian pada Patroman Coffee Roastry Banjar. Artinya apabila pelaksanaan  electronic word of mout dan electronic advertising suadah baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Kata Kunci:   Electronic Word of Mouth, Electronic Advertising dan  Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Promosi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Balawera, Asrianto. 2013. Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4, hal. 2117-2129.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak : Yogyakarta.

Chairiza, 2012, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada. Hotel Andalas di Bandar Lampung, (Tesis). Universitas Lampung,.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gilson, C, dan Berkman, Harold W. 2010, Advertising: Concepts and strategies. Canada, Toronto: Random House, Inc.

Hariningsih dan Suyono.(2013).Internet advertising sebagai media komunikasi pemasaran interaktif.JBMA – Vol. I, No. 2, Februari 2013.ISSN : 2252-5483

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.

Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia,Buku dua, edisi pertama, Andy Yogyakarta.

McDaniel dan Roger Gate, 2001, Riset Pemasaran Kontemporer, (Jakarta: Salemba Empat).

Mesiono 2010. Manajemen dan Organisasi. Bandung, Citapustaka Media.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan. Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Priansa, D. J. 2016. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari. Teori ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Schiffman dan Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.

Siswanto, H. B 2010, Pengantar Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,. CV.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.