PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND EQUITY TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis)

Rian Hidayat, Sukomo Sukomo, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Rian Hidayat, NIM. 3402160063. “Pengaruh Brand Image dan Brand Equity Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis)”. Dibawah bimbingan H. Sukomo, Drs., M.Si. dan Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M. Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Brand Image dan Brand Equity Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis).Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Seberapa besar pengaruh brand image terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis? ; 2). Seberapa besar pengaruh brand equity terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis?; 3). Seberapa besar pengaruh brand image dan brand equity terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis? Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh brand image terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis ; 2) Besarnyapengaruh brand equity terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis; 3) Besarnya besar pengaruh brand image dan brand equity terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan 1) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis sebesar 26,01% sedangkan 73,99% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; 2) Brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis sebesar 50,84% sedangkan 49,16% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; 3) Brand image dan brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor merek Yamaha pada Bahana Ciamis dengan besarnya pengaruh 51,98% dan sisanya 48,02% dipengaruhi faktor lain.Diharapkan Bahana Ciamis memperhatikan brand image dan brand equity sehingga akan meningkatkan minat beli sepeda motor Yamaha. Kata kunci: Brand Image, Brand Equity dan Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


A.R, Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya

Buchory, Achmad Herry dan Saladin Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran:Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Cristina, Ekel Valeriana. 2017. Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Beli Produk Starbucks. Skripsi pada Program Studi Manajemen jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tidak Diterbitkan.

Darmawi, H. 2014. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dianita, Dessy Irma dan Arifin, Zinudin. 2018. Pengaruh Brand Eksistensi dan Brand Image Terhadap Minat Beli Iphone di Kota Malang (Survei pada Pengunjung Outlet OPPO Smartphone di Mall Plaza Malang). Skripsi pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Tidak Diterbitkan.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan IX Jilid I. Yogyakarta: BFFE UGM.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

_______. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Manajemen Operasi, Edisi Sembilan, Buku Dua, Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran 1, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Kumalasari, Puti. 2013. Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Brand Equity dan Dampaknya pada Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Product Placement Mie Instan Indomie di Dalam Film 5 Cm). Skripsi pada Program Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Tidak Diterbitkan.

Margaretha, Farah. 2007. Manajemen Keuangan Bagi Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mulyana, Deden. 2019. Manajemen Biaya: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Prinsipnya. Diakses 26 November 2019. Tersedia: https://sarjanaekonomi.co.id/manajemen-biaya-pengertian-tujuan-manfaat-prinsip/

Orlando, Dillon. 2015. Analisa Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Sepeda Motor Kawasaki Ninja 250 Fi. Skripsi pada Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tidak Diterbitkan.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sudjana, Anas. 2005. Metode Statistik. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.

¬_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik. 2019. Data AISI: Honda Kuasai 76,67% Pangsa Pasar Sepeda Motor Domestik Februari 2019. Diakses 14 Januari 2020. Tersedia: https://tmcblog.com/2019/03/25/data-aisi-honda-kuasai-7667-pangsa-pasar-sepeda-motor-domestik-februari-2019/

Terry, George. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakara: Penerbit Kencana.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset

_______. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Usman. 2016. Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen. Diakses 14 Januari 2020. Tersedia: https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/6292/Bab%202.pdf?sequence=9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.