PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVES DAN DISCOUNT POLICY TERHADAP IMPULSE BUYING (Suatu Studi pada Konsumen Toserba Yogya Ciamis)

Listi Rahmadila, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Discount Policy Terhadap Impulse Buying (Suatu Studi Pada KonsumenToserba Yogya Ciamis”. Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini, antara lain : 1) Banyak konsumen yang memiliki sifat hedonis, mereka cenderung termotivasi untuk lebih memperhatikan gaya hidup dan status sosialnya di masyarakat, 2) Konsumen beranggapan bahwa kebijakan diskon yang diambil tak jarang dapat mengurangi nilai dari barang tersebut, daripada barang lain yang tak di diskon, 3) Banyak konsumen yang sulit untuk menolak dan mudah tergiur akan berbelanja secara impulsive  apalagi saat sedang ada diskon/promo, 4) Beberapa konsumen mengatakan, saat melihat barang yang dipajang, secara langsung dapat mendorong untuk melakukan pembelanjaan impulsive, 5) Konsumen selalu menginginkan barang yang baru, yang memicu pembelian secara impulsive. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Impulse Buying, pada Konsumen Toserba Yogya Ciamis. 2) Untuk mengetahui pengaruh Discount Policy terhadap Impulse Buying, pada Konsumen Toserba Yogya Ciamis, 3) Untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Discount Policy terhadap Impulse Buying, pada Konsumen Toserba Yogya Ciamis.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriprif kuantitatif dengan teknik survey. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis regresi analisis korelasi, analisis determinasi dan uji t.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Motives berpengaruh terhadap Impulse Buying sebesar 44,31% sisanya 55,69% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Selanjutnya adalah Discount Policy berpengaruh terhadap Impulse Buying sebesar 37,60% dan sisanya 62,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dan Impulse Buying sebesar 49,66% dan sisanya 50,34% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.                                                           Diharapkan pada Konsumen Toserba Yogya Ciamis dapat meminimalisir sifat hedonis saat sedang adanya diskon, karena jika terus menerus seperti itu, akan terjadi pemborosan dan terus saja ada pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting dan mendesak.

Full Text:

PDF

References


Baskara Indra Bayu. Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying). Jurnal Department of Management FEB UMM. Diakses tanggal 17-11-2020.

Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Cetakan ke-tigabelas. Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Suhardi. 2018. ”Pengantar Manajemen dan Aplikasinya”. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Andy Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.