PENGARUH TOTAL ASSET TURNOVER DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Suatu Studi pada PT Astra International Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019)

Citra Ratnadewi, Nurdiana Mulyatini, Lia Yulia

Abstract


Citra Ratnadewi, 3402170168. “Pengaruh Total Asset Turnover dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba (Suatu Studi pada PT Astra International Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019)” Dibawah bimbingan Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Lia Yulia, S.T., M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Total Asset Turnover dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba (Suatu Studi pada PT Astra International Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi 1]. Bagaimana pengaruh Total Asset Turnover terhadap Pertumbuhan Laba pada PT Astra International Tbk? 2]. Bagaimana pengaruh Net Profit Marginterhadap Pertumbuhan Laba pada PT Astra International Tbk? 3]. Bagaimana pengaruh Total Asset Turnover dan Net Profit Margin terhadap Pertumbuhan Laba pada PT Astra International Tbk? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh Total Asset Turnover terhadap Pertumbuhan Laba pada PT Astra International Tbk. 2]. Pengaruh Net Profit Marginterhadap Pertumbuhan Laba pada PT Astra International Tbk. 3]. Pengaruh Total Asset Turnover dan Net Profit Margin terhadap Pertumbuhan Laba pada PT Astra International Tbk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder. Sedangkan untuk menganilisis data yang diperoleh digunakan Analisis Rasio Keuangan yaitu Total Asset Turnover dan Net Profit Margin. Selain itu Analisis Statistik yang digunakan terdiri dari analisi koefisien korelasi product moment, uji statistik t, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, analisis koefisien korelasi berganda, uji statistik F, dan analisis regresi linear berganda.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1]. Total asset turnover berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba pada PT Astra International Tbk; 2]. Net profit margin berpengaruh positif dan  signifikan terhadap pertumbuhan laba pada PT Astra International Tbk; 3]. Total asset turnover dan net profit margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba pada PT Astra International Tbk;Diharapkan PT Astra International Tbk dapat mengelola aktiva secara optimal, selain itu dapat mempertahankan pertumbuhan laba yang stabil yang dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci : Total Asset Turnover, Net Profit Margin dan Pertumbuhan LabaPENGARUH TOTAL ASSET TURNOVER DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA(Suatu Studi pada PT Astra International Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019)

Full Text:

PDF

References


Agustin dan Silvia. 2012. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol 2 (02)

Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Cetakan Keenam. Bandung : Alfabeta

Olfiani, Manum dan Handayani, Milda. 2019. Pengaruh Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO),Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Pertumbuhan Laba PT. Tempo Scan Pasific, Tbk 2008-2017.JIAM.Vol 15 (2)

Prastya, Nur Wella dan Agustin, Sasi. 2018. Pengaruh CR, NPM, GPM, Dan TATO Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 7 (6)

Prihatini, Natalia Dewi dan Pradopo, Loeky Rono. 2020. Analisis pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Pertumbuhan Laba (Pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Terdaftar diBEI 2010-2017).Jisamar.Vol 4 (1)

PT Astra International Tbk. 2021. Astra International. Jakarta : PT Astra International Tbk. Tersedia: https://www.astra.co.id/

Rantika, Dita Ridia dan Budiarti, Anindhyta. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Logam Di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 5 (6)

Sari, Linda Purnama dan Wiyarti, Endang Tri. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba. Diponegoro Journal of Management. Vol 4 (4)

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen Konsep, Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Edisi kedua. Jakarta : PT Indeks

Wirawan, Nata. 2016. Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi & Bisnis (Statistika Deskriptif). Edisi Keempat. Bali : Keraras Emas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.