PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DIGIFOTO SUKABUMI

Siti Septia Ningsih, Muhammad Taslim

Abstract


Digifoto Sukabumi sebagai salah satu perusahan jasa, harus mampu memberikan layanan photo yang berkualitas agar konsumen merasa puas sehingga menghasilkan pendapatan yang meningkat dari hasil penggunaan jasa yang terus berulang-ulang dari konsumen itu sendiri. Untuk mencapai hal tersebut, tentu membutuhkan komunikasi yang baik antar pegawai dalam memberikan layanan  dalam memberikan kepuasan bagi konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi kelompok terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling, yakni yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 133 konsumen Digifoto Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien kolerasi, dan uji secara parsial (uji T). Hasil penelitian, menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2 ) sebesar 0,510 hal ini diartikan bahwa pengaruh komunikasi kelompok terhadap kepuasan konsumen sebesar 51%, sisanya 49% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Sumber Buku:

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran. MM. Jakarta: Penerbit Erlangga

Hasil Penelitian :

Afriza, Nurul. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran dan Kepuasan Pengunjung (Studi Korelasional tentang Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pengunjung di Tasbi Swimming Pool). Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara.

Silitonga, M. B, Christin, Maylanny, 2012. Pengaruh Komunikasi kelompok Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kuantitatif Terhadap Dosen dan Mahasiswa Di Lingkungan Ilmu Komunikasi Institut Manajemen Telkom Bandung). Bandung: Telkom University.

Ghasani, Shabrina. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Barista Starbucks Terhadap Kepuasan Konsumen. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Perdana, Ryan. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Terhadap Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada Pegawai Rumah Sakit Jiwa Ghrasia Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia.

Siregar, Syahrial. 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Bidang terhadap Kinerja Pegawai Pelayanan Keperawatan Jiwa di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara. (Tesis Master). Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

DeVito, Joseph A. “The Interpersonal Communication Book.” Instructor 1 (2019): 18.

Hermanto, Angel Purwanti. “PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN.” INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA E-ISSN 2686 5661 VOL.01 NO. 12. JULI 2020 01, no. 12 (2020): 49–59.

Putri, Novia Hardiyanti, Komunikasi kelompok , and Mutu Pelayanan. “PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK DAN BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PANDAN WANGI” 4, no. 2 (2016): 276–285.

Rodiah, Saleha, and Pawit M Yusup. “Strategi Komunikasi Dalam Pengembangan Desa Agro Wisata Di Kabupaten Pangandaran.” JURNAL SIGNAL 6, no. 2 (2018): 325–332.

Sugiyono, P D. “Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D.” Penerbit CV. Alfabeta: Bandung (2017).

Weningtyas, Enggarayu, and Miftahun Ni. “PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK ” (n.d.): 17–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.