PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Konsumen Uchi Parfume Karangnunggal)

Sani Fauzi Nursabani, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Integrated Marketing Communication dan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Uchi Parfume Karangnunggal). Permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1). Bagaimana pengaruh integrated marketing communication terhadap keputusan pembelian pada Uchi Parfume Karangnunggal; 2). Bagaimana pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian pada Uchi Parfume Karangnunggal; 3). Bagaimana pengarun integrated marketing communication dan brand equity terhadap keputusan pembelian pada Uchi Parfume Karangnunggal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah :1). Untuk mengetahui pengaruh integrated marketing communication terhadap keputusan pembelian pada Uchi Parfume Karangnunggal; 2). Untuk mengetahui pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian pada Uchi Parfume Karangnunggal; 3). Untuk mengetahui pengaruh integrated marketing communication dan brand equity terhadap keputusan pembelian pada Uchi Parfume Karangnunggal.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Siginifikansi (Uji t) dan Uji F. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa integrated marketing communication dan brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Uchi Parfume Karangnunggal dengan besarnya pengaruh 50,97dan sisanya 49,03% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Diharapkan Uchi Parfume Karangnunggal dapat mempertahankan serta mengevaluasi penerapan integrated marketing communication dan brand equity agar ditingkatkan lagi sehingga dapat lebih mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada produk Uchi Parfume. 

Full Text:

PDF

References


D. Prasetyo, Bambang dkk. 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pendekatan Tradisional hinggan Era Media Baru. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Pasuruan: Qiara Media.

Morissan. 2015. Periklanan Manajemen Pemasaran Terpadu Cetakan ke-4. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lovelock, Christoper, Wirtz, Jochen, Musry, Jacky. 2013. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Edisi kedua. Bandung: Alfabeta

Lee, G.C and Leh, F.C.Y/ 2011. Dimensions of Customer-Based Brand Equity: A Study on Malaysian Brands. Journal of Marketing Research and Case Study, pp. 1-1. Diakses tanggal 24-05-2021.

Andika, A dan Susanti, F. 2018. Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Azzwars PArfum Lubeg Padang. Diakses tanggal 09-02-2021.

Huda, N. 2014. Pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap Keputusan konsumen dalam Membeli Mobil Merek Honda Jazz pada PT. Arista Auto Prima cabang Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(1), 1-11. Diakses tanggal 21-01-2021.

Darmawangsa, A.A.B dan Ardani. 2015. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 4(8). Diakses tanggal 17-11-2020.

Viliaus, C dan Tobing, R.L. 2017. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Minat Beli Konsumen Pond’s yang Dimediasi oleh Brand Equity (Studi Kasus: Konsumen Produk Pond’s di Central Park Mall, Jakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Kompetensi, 12(2). Diakses tanggal 24-09-2020.

Kumalasari, P dan Sugiarto, Y. 2013. Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Brand Equity dan Dampaknya pada Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Product Placement Mie Instan Indomie di dalam Film 5 cm). Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Diakses tanggal 27-02-2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.