PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Suatu Studi Pada Pelanggan CV. Sinar Mas Tasikmalaya)

rita aulia, Nana Darna, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Pelanggan CV. Sinar Mas Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 2] Bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 3] Bagaimana Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda di CV. Sinar Mas Tasikmalaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1] Besar Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 2] Besar pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar mas Tasikmalaya. 3] Besar Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda di CV. Sinar Mas Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (data perusahaan, buku-buku literatur, internet), studi lapangan (Observasi, wawancara, angket). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menujukan bahwa Customer Relationship Management dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Sinar mas Tasikmalaya dengan hasil korelasi sebesar 0,59 atau memiliki tingkat hubungan cukup kuat dan tingkat pengaruh sebesar 34,81%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis bahwa korelasi dapat dinyatakan signifikan apabila fhitung > ftabel. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bobot Fhitung 24,174 sedangkan bobot ftabel = α 0,05 dan dk= 93 – 2 – 1 diperoleh ftabel 3,10. Jadi nilai fhitung > dari ftabel.

Full Text:

PDF

References


Achmad, T. Arifin. 2010. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pengguna Matahari Club Card (MCC) Pada Matahari Departemen Store MAL SKA Pekanbaru.Pekanbaru : Universitas Riau.

Agustin, F. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan : Unimed.

Alma, Buchari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung : Alfabeta

Anggraini, F., dan Ruzikna. 2015. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Koran Harian Riau Pos. Pekanbaru : Universitas Riau.

Fandy, Tjiptono., 2011. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.

Hasibuan, Melayu SP. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Melayu SP. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Mahmoedin. 2010. Kualitas Pelayanan. Jakarta : Sinar Harapan

Octavia, Anna Stasia., Patwayati, dan Nursaban Rommy Sulaeman. 2019. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Business Government and Enterprise Service (BGES) PT. Telkom Witel Sutra. Sulawesi Tenggara : Universitas Halu Oleo.

Rahmawati, Yani Oktianur. 2019. Pengaruh Customer relationship management

dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Ciamis : Universitas Galuh

Ratnasari, Tri Ririn., Mastuti H Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbi : Gahlia Indonesia

Sari, Selvi Ita Purnama., dan Mirza. 2017. Analisis Pengaruh Customer Relationship Management, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kendaraan Niaga Merek Hino. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Sudarso, Andriasan. 2016. Manajemen Jasa Perhotelan (Dilengkapi Hasil Riset Pada Hotel Berbintang di Sumatera utara. Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Terry, George., dan Leslie, W.Rue. 2010. Dasar – Dasar Manajemen cetakan kesebelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa.Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Ulber, Silalahi., 2011. Asas – Asas Manajemen. Bandung : Refika Aditama.

Ummasyroh, U., Firdaus, Y., & Andriyani, T. 2020. Penerapan Marketing 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Kegiatan Promosi Pemasaran Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang : Politeknik Negeri Sriwijaya.

Victor, Christian, Rotinsulu J.P, Jacky S. B Sumaraw. 2015. Pengaruh Customer

Relationship Management. Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen.Manado : Universitas Sam Ratulangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.