PENGARUH LOKASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Suatu Studi pada Cato Sportwear Tasikmalaya)

Hasby Hassydiqi, Nana Darna, Roni Marsiana Suhendi

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Lokasi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Cato Sportwear Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]Bagaimana pengaruh lokasi terhadap keunggulan bersaing pada apparel cato sportwear Tasikmalaya?; 2]Bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada apparel cato sportwear Tasikmalaya?; 3]Bagaimana pengaruh lokasi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada apparel cato sportwear Tasikmalaya?. Adapun tujuanya untuk mengetahui: 1] adanya pengaruh dari lokasi terhadap keunggulan bersaing pada apparel cato sportwear Tasikmalaya; 2]Pengaruh adanya pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada apparel cato sportwear Tasikmalaya; 3] adanya pengaruh lokasi dan inovasi produk terhadap daya saing pada apparel cato sportwear Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji Hipotesis menggunakan Uji signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Lokasi pada Cato Sportwear dalam katerogi baik atau tinggi namun tidak terdapat pengaruh lokasi terhadap keunggulan bersaing; Inovasi produk pada Cato Sportwear dalam kategori baik atau tinggi, namun tidak terdapat pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing; Keunggulan bersaing pada Cato Sportwear cukup baik, sehinga terdapat pengaruh antara Lokasi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing.Kata Kunci    : Lokasi, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Amabile, T.M 1996. Creativity in context: Update to “The Social Psychology of Creativity”. Boulder, CO:Westview Press

Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti 2014. manajemen. Bandung, Mardika Group

Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: FE UI

Batemen, Thomas S. dan Scott A. Snell. 2014. Manajemen Kepemimpinan dan Kerja Sama dalam Dunia Yang Kompetitif. Jakarta: Salemba Empat

Bharadwaj, Sundar G., Varaderajan, P Rajan dan Fahy, John. 1993. Sustainable Competitive Advantage in Service Inndustries: A Conceptual Model and Research Proposition. Journal of marketing Vol 57.

Craven, D.W. 2000. Pemasaran Strateegis. Jakarta: Erlangga

Drucker, Peter F, 1995,” The Leader of The Future (Pemimpin Masa Depan)”, jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Grant, Robert M dan James C. Craig. 2009. Manajemen Stratejik. Jakarta: Mediator

Hasibuan, Melayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Istanto, Yuni. 2010. Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing dan Positioning Terhadap Kinerja (Survey pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Buletin Ekonomi Vol. 8, No. 2, Agustus 2010.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta : PT. Index

Kotler, Philip dan Keller, 2007. Manajemen Pemasarn, Jilid 1, Edisi Kedua belas. Jakart: PT.Indeks

Kotler, Philip, Amstrong Garry , 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan keller, kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1. Indonesia: Penerbit PT.Index

Kotler, P dan Keller, K. 2012, Marketing Management, Edisi 14, Harlow: Pearson Education. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kusumawati, Ratna. 2010. Pengaruh Karakteristik Pimpinan dan Inovasi Produk Baru Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Akses: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 5. No 9.

Lamb, W. et.al, Charles. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta:Selajambe Empat

Machfoedz, M. 2013. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN.

Never, J.C. & Slater, S.F. 1990. The Effect of Market Orientation on Business Profitability. Journal Of Marketing.

Pearce dan Robinson (2005) PEST Analysis in strategic Human Resources Planning

Soeryanto, Eddy Soegoto, 2009. Enterpreneurship, Edisi Pertama. Jakarta: PT.Elek Media Komputindo

Solihin, Ismail. 2010. Pengantar Manajemen, Jakarta: Penerbat Erlangga

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudjana, D. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sulastri, Lilis. 2014. Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, tokoh, Teori, dan Praktik. Bandung: Penerbit La Goods Publishing

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cekatan kesebelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Thomas W Zimmer, Norman M Scharborough, 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat

Tidd, Joe & Bessant, J.2009 Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational change, 4th Edition, London: Jhon Wiley & Sons Ltd

Umar, Husain. 1998. Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama

Utami, E (2014). Pengaruh Inovasi dan Lokasi terhadap Keunggulan Bersaing. Skripsi pada Program studi Manajemen FE Universitas Siliwangi. Tidak diterbitkan

Wheelen & Hunger. (2004). Strategis Management And Business Policy, Pearson Prentice Hall, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.