PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen Minimarket Indomaret Banjarsari)

Lina Karlina, Apri Budianto, Iwan Setiawan

Abstract


 Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Minimarket Indomaret Banjarsari). Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1] Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen Minimarket Indomaret Banjarsari; 2]. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Minimarket Indomaret Banjarsari; 3]. Untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Minimarket Indomaret Banjarsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif analisis dan korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden yaitu konsumen/pelanggan Minimarket Indomaret Banjarsari yang pemecahan masalah dalam penelitiannya dilakukan dengan menggunakan analisis statistik berdasarkan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dari subjek penelitian. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Promosi dan Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen pada Minimarket Indomaret Banjarsari dengan besarnya pengaruh 62,80% dan sisanya sebesar 37,20% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis (Uji F) pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diketahui bahwa thitung 36,69 > ttabel  3,09 maka hipotesis diterima berarti terdapat pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uraian diatas bahwa semakin baik promosi dan semakin baik pula kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan maka akan semakin tinggi kepuasan konsumen.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Arfandi. et.al. 2018. Studi Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Berbelanja Pada Indomaret Lajoa Kabupaten Soppen”. Jurnal Of Industrial Engineering Management. Volume 3.No 2. Diakses tanggal 21-11-2020

Budianto, Apri. 2019. Customer Loyalty: Quality of Service. journal of Management Review. Volume 3 Nomor 1. Diakses Tanggal 02-01-2021.

Diki, et. al. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Business Management And Entrepreneurship Journal. Volume 2. Nomor 3. Diakses tanggal 18-12-2020

Gulla, Rendy. et.al. 2015. Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. ISSN 2303-1174. Diakses tanggal 22-11-2020

Handoko, Bagus. 2017. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat Jne Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. ISSN : 1693-7619. Diakses tanggal 22-11-2020

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Cetakan ke enam belas. PT. Bumi Aksara

Indasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Cetakan Pertama. Unitomo Press.

Ismail, Deny. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi pada Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa. Tidak diterbitkan.

Maryati, sri. et.al. Pengaruh Program Service Quality Terhadap Customer Satisfaction. Business Management and Entrepreneurship Journal. Volume 1. Nomor 4. Diakses tanggal 18-12-2020.

Musfar, Tengku Firli. 2020. Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Rusdianto, Arif. 2020. Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Komparatif Konsumen Indomaret Dan Alfamart Batanghari). Skripsi pada Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro. Tidak diterbitkan

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, F dan Sumarwan, U. 2019. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

http://www.indomaret.co.id/korporat/sejarah-dan-visi.html. Diakses pada 10 April 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.