PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN QUALITY MANAGEMENT INFORMATION (QMI) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Suatu Studi Pada Perusahaan Dahlia Furnitur Kawali)

Anisa Ramdani, Aini kusniawati, Marlina Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Total Quality Management (TQM) Dan Quality Management Information (QMI) Terhadap Kinerja Perusahaan (Suatu Studi Pada Perusahaan Dahlia Furnitur Kawali).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh Total Quality Management (TQM) terdahap kinerja perusahaan pada perusahaan Dahlia Furnitur kawali?; 2] Bagaimana pengaruh Quality Management Information (QMI) terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan Dahlia Furnitur Kawali?; 3]Bagaimana pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Quality Management Information (QMI) terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan Dahlia Furnitur Kawali?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1] Pengaruh Total Quality Management (TQM) terdahap kinerja perusahaan pada perusahaan Dahlia Furnitur kawali; 2] Pengaruh Quality Management Information (QMI) terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan Dahlia Furnitur Kawali 3] Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Quality Management Information (QMI) terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan Dahlia Furnitur Kawali.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan analisis koefisien korelasi, determinasi, uji Hipotesis menggunakan Uji signifikansi (Uji T dan Uji F) dan regresi berganda.Hasil penelitian membuktikan bahwa baik secara parsial maupun simultan total quality manajemen (TQM) dan quality management information (QMI) berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada PT. Dahlia Furniture Kawali (. Sebaiknya perusahaan dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan Kinerja perusahaan melalui kuantitasnya dengan cara mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan perusahaan.Kata Kunci : total quality manajemen (TQM), quality management information (QMI) dan kinerja perusahaan

Full Text:

PDF

References


Agus Dharma. 2004. Management Supervisi. Jakarta: Rajawali Press

Alam S. 2007. Fungsi - fungsi manajemen. Jakarta:PT. Bumi aksara.

Anh,Phan Chi dan Yoshiki Matsui. 2011. Relationship between Quality Managemnt Information and Operating Performance. International Persepective Vol. 34.

Appley, A. Lawrence dan Lee, Oey Liang. 2010. Pengantar Management. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Callystha Prayhoego dan Devie. 2013. Analisa Pengaruh Total Quality Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan.Jurnal Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra VOL. 1,

Rusdiana.. 2014. Manajemen Operasi. Bandung: CV Pustaka SETIA

Fields, Joseph C. 2000. Total Quality Management: A Guide for Implemtation. Winconsin : ASQC Quality Press

Flippo, B. Edwin. 1984. Personnel Management. McGraw-Hill.1984.

Gaspersz. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gasperz, Vincent. 2001 . Metode Analisis Untuk Peningkata Kualitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

G. R. Terry. 2010. Dasar - dasar ilmu manajemen. Cetakan ke-11. Jakarta

Hasibun, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak 9. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasibuan, S. P. Malayu, 2011. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hefert,Erich A. 1996. Teknik Analisis Keuangan. Erlangga. Jakarta

Heizer Jay, Rander Barry. 2005. Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Kaplan, Robert S. dan David P. Norton 2005. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 2001 Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaaat Dan Rekayasa, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba empat

Nasution, N. M 2010. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Jakarta :Salemba Empat.

Nazir, Moh.Ph.D. 2008 Metode Penelitian.Bogor: Ghalia Indonesia

O. H. Widjaya & I. N. Suryawan. 2014. Pengaruh Total Quality Management Dan Quality Management Information Terhadap Kinerja Perusahaan. Universtas Tarumanagara , Stie Trisakti. Vol. 6, No. 2

Robbins, Stephen P. 2002. Essentials Of Organizational Behvior (Terjemahan), Edisi Ke Lima, Jakarta : Penerbit Erlangga

Singaribun, M Dan Effendi, 2000. Metode Penelitian Suvey. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.

Srimindarti, Cecilia. 2004. Balance Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja

Srimindarti, Cecilia. 2007. Balance Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja

Stoner, J.A.F. et al. 2006. Manajemen. Jakarta: Prenhalindo

Stoner, James A.F. R. Edward Freeman, Daniel R. Gilbert (Delhi : Dorling Kindersley, 2009). Pengertin Manajemen. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Supriyono. 2007. Akuntansi Management 2, struktur pengendalian Manajemen, edisi kelima .Yogyakarta: BPFE

Supriyono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Siswanto. 2007. Pengantar Management. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tjiptono dan Diana. 2001. Service Managamenet Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset

Tjiptono, Fandi & Anastiasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandi & Anastiasia Diana. 2005. Total Quality Management: Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Widarsono, Agus. 2007. Pengaruh Kualitas Informasi Manajemen Terhadapkinerja Manajerial (Survey Pada Perusahaan Go-Publik Di Jawa Barat). Jurnal Akuntansi FE Unsil, Vol. 2, No.2, 2007. ISSN:1907-9958

Yamit, Zulian. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Yogyakarta: FE UII


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.