PENGARUH MANAJEMEN KUALITAS TERHADAP DAYA SAING (Suatu Studi pada UMKM di Kelurahan Maleber)

Chandra Oktavia Chandra, Nana Darna, Kaman Kasman

Abstract


Manajemen kualitas akan membantu perusahaan/UMKM menjawab tantangan bisnis, memasuki wilayah pasar yang baru dan bergerak maju mengungguli kompetitornya. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini 1) Bagaimana Manajemen Kualitas pada UMKM di Kelurahan Maleber?, 2) Bagaimana Daya Saing UMKM di Kelurahan Maleber?, 3) Bagaimana Pengaruh manajemen kualitas terhadap daya saing UMKM di Kelurahan Maleber?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Manajemen Kualitas terhadap Daya Saing UMKM di Kelurahan Maleber. melalui empat indikator Manajemen Kualitas yaitu  Kepuasan pelanggan , Respek terhadap setiap orang , Manajemen berdasarkan fakta , Perebaikan berkesinambungan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey Adapun sumber data penelitian ini adalah Pelaku UMKM dengan jumlah sampel 80 responden. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah  kuesioner,wawancara dan observasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan, yaitu Analisis Koefisien Korelasi (Rank Spearman), Analisis Koefisien Determinasi (R2), Uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: manajemen kualitas berpengaruh posistif dan signifikan terhadapa daya saing pada UMKM di Kelurahan Maleber, Hal ini dapat dilihat dari nilai lebih besar dari  (  ) > (1,665) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.Maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen kualitas  pada UMKM di Kelurahan Maleber sudah diterapkan dengan baik, hal ini terbukti dengan dijalankannya indikator yang meliputi Kepuasan pelanggan,Respek terhadap setiap orang,Manajemen berdasarkan fakta,Perebaikan berkesinambungan pada UMKM di Kelurahan Maleber

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Standarisasi Nasional. (t.thn.). SNI ISO 9001-2008 : Sistem Manajemen Mutu. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Callystha Prayhoego dan Devie 2013,Analisis Pengaruh Total Quality Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan : Business Accounting Review,vol 1,2013.

Effendi, Usman. 2014. Asas Manajemen. Jakarta : Cetakan Pertama. Rajawali Pers .

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Muchtar Ahmad 2017, Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Dalam Pelayanan Rumah Sakit : Jurnal Kebijakan Publik,Edisi XVIII/Novemver-Januari/10,ISSN 0216-454X

Tjiptono, F. dan Diana, A, 1994, Total Quality Management, Andi, Yogyakarta

Pawitra, T., 1993, Kepuasan Pelanggan Sebagai Keunggulan Daya Saing : Konsep, Pengukuran,

Jurnal Fondasi, Volume 5 No 2 2016

Ranupandojo.2000 Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta:BPEE.Rivai

Sedarmayanti,2012 Manajemen dan Komponen Terikat Lainnya.Bandung:Refika Aditama

Sugiyono, 2012 . Metode Pnenelitin Kuntitatif, Kulitatif,dan R&D, Bandung : CV. Alfabeta.

__________. 2017 . Metode Pnenelitin Kuntitatif, Kulitatif,dan R&D, Bandung : CV. Alfabeta.

Susilo sri,2010, Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi Implementasi Cafta dan Mea : Buletin Ekonomi Vol.8,No 2, Agustus Hal 70-170

Sutrisno,Edy,2011.Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta:Kencana

Tjiptono, F. dan Diana, A, 1994, Total Quality Management, Andi, Yogyakarta

Wijayanto,Dian(2012),Pengantar Manajemen.Gramedia Pustaka Utama,Jakatra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.