PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN RAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Hijab Zoya Di Toko Cantika Hijabku Cingambul)

Devia Alviani, Apri Budianto, Iwan Setiawan

Abstract


Penelitian ini difokuskan Pada Pengaruh Relationship Marketing Dan Brand image Terhadap kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hijab Zoya Di Toko Cantika Hijabku Cingambul). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya di Toko Cantika Hijabku Cingambul? 2). Bagaimana Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya di Toko Cantika Hijabku Cingambul ? 3). Bagaimana Pengaruh Relationship Marketing Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya ?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Untuk Mengetahui Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya di Toko Catika Hijabku Cingambul; 2). Untuk Mengetahui Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya di Toko Cantika Hijabku Cingambul; 3). Untuk Mengetahui Pengaruh Relationship Marketing Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya di Toko Cantika Hijabku Cingambul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Survei dengan pendekatan Kuantitatif. Untuk menganalisis data digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, Uji t, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji f. Jumlah populasi yang dijadikan objek penelitian adalah sebanyak 3,280 dan Ukuran Sampel yang dipilih adalah sebanyak 97 orang. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa variabel Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hijab Zoya di Toko Cantika Hijabku Cingambul, nilai thitung = 7,27151 lebih besar dari ttabel = 1,66105. Sedangkan Brand Image berpngaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Cantika Hijabku Cingambul, nilai thitung = 9,96730 lebih besar dari ttabel = 1,66105. Secara Simultan Relationship Marketing dan Brand Image berpengaruh positif dan Signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Hijab Zoya di Toko Cantika Hijabku Cingambul. Hasil dari perhitungan Uji Fhitung =103,30 lebih besar dari Ftabel = 3.09.

Full Text:

PDF

References


Budiharjo Lydia Novi dan Fuadati Siti Rokhmi. 2017. Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Qleen Febricare Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6, No.12, hal.1-17

Foster, Bob dan Sidharta Iwan . 2019. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Handayani, Tati & Fathoni, Muhammad Anwar. 2019. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta : Deepublish.

Hasibuan, Malayu SP. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herliza Radita dan Saputra Maharani Eka. 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara di Mall Pvj Bandung. Jurnal Manajemen, Vol. 3, No.2, hal.1949-1955

Herliza Radita dan Saputra Maharani Eka.2016.pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan pelanggan studi pada Zara di Mall Pvj bandung. Jurnal Manajemen, Vol. 3, No.2, hal.1949-1955

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Khotimah, Chusnul dkk. 2016. Pengaruh Relationship Marketing dan Brand Image Terhadap Kepuasan dan Loyalitas pelanggan (Survei terhadap Pelanggan Indihome PT. Telkom, Tbk. STO Klojen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 36, No. 1, hal.121-128

Lovelock dan Gummesson. 2011. Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga.

Nurdiansyah, Haris & Rohman, Robi Saepul. 2019. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Pratama, Rheza. 2020. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Alfabeta.

Qomusuddin Ivan Fanani. 2019. Statistik . Yogyakarta: Deepublish

Ruhamak Muhammad Dian dan Rahmadi Afif Nur. 2019. Pengaruh E-WOM, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Fajar English Course Pare Kediri. Jurnal Bisnis dan dan Manakemen Islam, Vol.7, No.2, hal.233-246

Santoso Lollen Regina dan Japarianto Edwin. 2015. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan pada Koran Kompas di Surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol.3, No.1, hal.1-11

Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryati, lili. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Susanti, Siti Saodah. 2020. Manajemen dan Kepemimpinan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suyuhti, Nurmadhani Fitri dkk. 2020. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Synathara, Victor dan Sunarti.2018. Pengaruh Relationship marketing Terhadap kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei pada Nasabah Tabungan BCA Kantor Kas Sawojajar Kota malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.55, No.1, hal.115-124

Tjahjaningsih, Endang.2013. Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang. Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 28, No.2, hal.13-27

Tjiptono, fandy & Chandra, Gregorius. 2020. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta: Andi

Triana Febri dkk .2015. Relationship Marketing sebagai upaya mempertahankan loyalitas Pelanggan (studi kasus ekspor perusahaan kerajinan Dona Doni Rattan Gallery di Singosari Malang). Jurnal Administrasi bisnis (JAB), Vol. 24, No.1, hal. 1-10

Wahyuni, Rika dan Irfani Hadi. 2017. Pengaruh Relationship Marketing, Kepuasan, dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Sederhana Masakan Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Vol. 6, No. 2, hal.331-337

Winner, Russel. 2012. Marketing Management. Jakarta: Pearson Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.