PERAN CHANEL DISTRIBUTION (SALURAN DISTRIBUSI) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Suatu Studi pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya)

Ai Siti Maemunah, M Aziz Basari, Enjang Nursolih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya volume penjualan PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya. Hal tersebut salah satunya diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan saluran distribusi yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana saluran distribusi pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya?; 2) Bagaimana volume penjualan pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya?; 3) Bagaimana peran saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari pihak perusahaan berupa laporan penjualan serta narasumber, yaitu pimpinan perusahaan, Pegawai bagian pemasaran (sales dropper) dan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Pelaksanaan chanel distribution (saluran distribusi) pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya sudah dilaksanakan dengan baik karena telah sesuai dengan indikator-indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu sistem transportasi, ketersediaan produk peluangdan waktu penantian yang menunjukkan sudah baik; 2) Volume penjualan pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya secara umum sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari beberapa kemampuan pihak perusahaan dalam memasarkan produk serta kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan kompetitor di wilayah Tasikmalaya; 3) Pelaksanaan chanel distribution (saluran distribusi) berperan dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Sinar Sosro KP Tasikmalaya. Secara teori hubungan kedua variabel yaitu pelaksanaan saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjualan di terima. Artinya apabila pelaksanaan saluran distribusi sudah baik, maka volume penjualan perusahaan akan semakin meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Promosi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budianto, Apri. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I. 2019. Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia.Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

_______ dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ghalia Ilmu.

Marafin, M. 2011. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Moekijat. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung : Mandar Maju.

Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan : Pengembangan Modul Konseptual, Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Stanton J. William. 2010. Prinsip Pemasaran, Penyadur Y. Lamarto, Edisi ke 7, Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.