PENGARUH EMOTIONAL BRANDING DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung Kecamatan Mangunjaya, Pangandaran)
Riyanti Riyanti, Aini Kusniawati, Iwan Setiawan
Abstract
Riyanti, NIM. 3402170082, “Pengaruh Emotional Branding Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Smartphone Samsung (Suatu Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung Kecamatan Mangunjaya, Pangandaran)”. Dibawah bimbingan Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M. (Pembimbing I) dan Iwan Setiawan, S.E., M.M. (Pembimbing II). Pada era sekarang ini para pelaku usaha dan perusahaan dituntut untuk terus melakukan inovasi pada produknya supaya bisa terus bertahan di dunia bisnis yang persainganya semakin ketat. Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Emotional Branding dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung Kecamatan Mangunjaya, Pangandaran). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh emotional branding terhadap loyalitas konsumen. 2] Bagaimana pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. 3]Bagaiman pengaruh emotional branding dan citra merek terhadap loyalitas konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1] Mengetahui pengaruh emotional branding terhadap loyalitas konsumen. 2] Mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. 3] Mengetahui bersama pengaruh emotional branding dan citra merek terhadap loyalitas konsumen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran angket/ kuesioner. Sedangkan unutuk menganalisis data digunakan analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji t, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi berganda, dan uji f. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang sudah dilakukan emotional branding dan citra merek secara bersamaan memiliki pengaruh sebesar 22% dan masuk dalam kategori cukup/sedang, sedangkan 78% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Diharapkan PT. Samsung electronic dapat meningkatkan loyalitas konsumen produk smartphone Samsung, agar loyalitas konsumen dan penjualan produk tetap terjaga kestabilannya.
References
Gobe’, Marc. 2005. Emotional Branding: Paradigma Baru untuk Menghubungkan Merek dengan Pelanggan. Erlangga. Jakarta.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga. Jakarta. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Senata Dharma Yogyakarta. Diterbitkan.
Iqbal Hasan. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta : PT Indeks. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Diterbitkan.
Ogi Sulistian. 2011. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Unigal. Tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Correspondence AddressProgram Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat
Email : feunigalmanajemen@gmail.com
Contact Person : +6281394946789
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.