PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI (Suatu Studi pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis)

Tryni Da Salshabila, Elin Herlina, Toto Toto

Abstract


ABSTRAK  Tryni Da Salshabila. NIM 3402170527. Pengaruh Perceived Organizational Support dan Work Life Balance terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Suatu Studi pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis). Dibawah bimbingan Ibu Elin Herlina,S.Pd., M.M., (Pembimbing I) dan Bapak Toto, S.E., M.M. (Pembimbing II). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis masih belum sepenuhnya optimal, hal ini dapat dilihat dari masih adanya keluhan dari pegawai ketika melakukan suatu pekerjaan yang disebabkan beban kerja yang menjadi tanggung jawab pegawai masih dirasa cukup tinggi. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya perceived organizational support dan work life balance pada Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)  Bagaimana pengaruh perceived organizational support terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh work life balance terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh perceived organizational support dan work life balance terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah Populasi dalam penelitian adalah pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis dengan ukuran populasi sebanyak 168 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 63 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)   Terdapat pengaruh positif dan signifikan perceived organizatioanl support terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, artinya semakin baik perceived organizatioanl support maka kepuasan kerja pegawai  akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan work life balance terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, artinya semakin baik work life balance maka kepuasan kerja pegawai  akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan perceived organizatioanl support dan work life balance terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, artinya semakin baik perceived organizatioanl support dan work life balance maka kepuasan kerja pegawai  akan meningkat. Kata Kunci:   Perceived Organizational Support, Work Life Balance dan Kepuasan Kerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Allen dan Meyer. 2010. The Measurement and Antecedents of Affective, Contintinuance and NormativeCommitment to Organitazion. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As'ad, Moh. 2013. Psikologi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Liberty,. Jakarta.

Firmansyah,Anang dan Budi W. 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hayman. 2010. Korelasi antara Work Life Balance dengan Prestasi Kerja. Yogyakata: UGM.

Khaerul. Umam. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Kraimer, M. & Seibert, S. E. 2010. The Five-Factor Model of Personality and Career Success. Journal of Vocational Behavior, 58(1), 1-21.

Lockwood, N.R. 2010. Employee engagement. USA: SHRM Research Briefly.

Malika. 2011. Paradigma Quality of Work Life. Yogyakarta: YKPN.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2011. Human Resource Management: Manajemen Sumber. Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Schermerhorn. 2010. Manajemen Program Pengawasan dan Pengendalian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta PT RajaGrafindo Persada.

Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Wibowo, 2010. Manajemen Kinerja, Edisi keempat, Rajawali Pers, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.