PENGARUH ATMOSFER TOKO DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Lemona Cake and Bakery Padayungan Tasikmalaya)

Yopi Priyatna, Mochamad Aziz Basari, Mujaddid Faruk

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Atmosfer Toko dan Kualitas Makanan terhadap Kepuasan Konsumen (Suatu Studi pada Konsumen Lemona Cake and Bakery Padayungan Tasikmalaya).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan 1]. Pengaruh atmosfer toko terhadap kepuasan konsumen Lemona Cake and Bakery Padayungan Tasikmalaya; 2]. Pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen Lemona Cake and Bakery Padayungan Tasikmalaya; 3]. Pengaruh atmosfer toko dan kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen Lemona Cake and Bakery Padayungan Tasikmalaya.Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis Koefisien Korelasi Sederhana,  Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1]. Atmosfer toko dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; 2]. Kualitas makanan dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; 3]. Atmosfer toko dan kualitas makanan dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media

Andi, Radna Wibowo. 2019. Manajemen Pemasaran. Semarang : Edisi 1. Universitas Semarang

Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Edisi 1. Rajawali Pers

Apriyani, D dan Sunarti. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Tera Coffee & Resto Bekasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 78 No. 1 Januari 2020. Diakses 22 Desember 2020

Azzahra, Shahnaz Shafira. 2019. Pengaruh Persepsi Konsumen Atas Food Quality Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Niat Beli Ulang (Suatu Kasus Pada Restoran La Costilla Bandung). Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan. Tidak diterbitkan

Berman, Berry dan Joel R. Evans. 2014. “Retail Management” Dialih bahasakan oleh Lina Salim. Jakarta : Pearson

Budianto, A. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi 2015. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Choirini, Izzati Mardhotillah. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Universitas Negeri Surabaya. Diakses 23 Desember 2020

Choung, Sum Chee dan Stevensoon, W. 2015. Manajemen Personalia. Jakarta : Salemba Empat

Dasuki, Ira dan Wahid Umaimah. 2020. Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Untuk Membangun Brand Awareness Saat Pandemi Covid-19. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 1(2), 2020, 47-54. Diakses 28 April 2020

Devi, S. et. al. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 52 No. 1 November 2017. Diakses 22 Desember 2020

Dewatara, Gerry dan Agustin, Sari. 2019. Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia. WACANA : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Volume 18 No. 1, Juni 2019, hlm. 1-10. Diakses 28 April 2020

Empat. 2020. Pengaruh Ekspektasi Pelanggan Dan Bauran Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Suatu Studi pada PT. Gapuraning Rahayu Ciamis). Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Tidak diterbitkan

Evirasanti, M. et. al. 2016. Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Dan Behavioral Intentions ( Studi Di Métis Restaurant). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Diakses 20 Desember 2020

Fayol, Henry. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta : PT. Elex Media

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : Caps

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Hartono, A dan Wahyono. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4 (2). Diakses 22 Maret 2021

Jualiana, O. 2010. Masih Relevankah Strategi Marketing Mix Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Dinamika Manajemen. Diakses 22 Maret 2021

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Kristiana, M dan Edwar, M. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 01 Nomor 01 Tahun 2017). Diakses 22 Desember 2020

Kusumathi, N. et. al. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas produk,dan kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Seniman Coffee Studio. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata Vol, 8 No.1, Januari (2019). Diakses 29 Desember 2020

Lily. et. al. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Monopoli Cafe And Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 15 No. 2 Oktober 2014. Diakses 22 Desember 2020

Mulya, N dan Wardhana, A. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Roemah Kopi Bandung. E-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015. Diakses 22 Desember 2020

Nasution, Sepri Haryani. 2019. Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan. Tidak diterbitkan

Prasetyo, A dan Sunarti. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tera Coffee & Resto Bekasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 78 No. 1 Januari 2020. Diakses 22 Desember 2020

Pratiwi, Atmi Kurniati. 2012. Strategi Bauran Pemasaran Pada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Di Kabupaten Kulon Progo Tahun 2011. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan

Robbins, S dan Coulter, M. 2010. Manajemen. Jakarta : Erlangga

Robbins, S dan Coulter, M. 2012. Management. Eleventh Edition. (United State Of America : Pearson Education Limited)

Sangadji. et. al. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya

Simamora, Vivin Juniati. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek. (Studi Kasus pada Konsumen The Body Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tidak diterbitkan

Stoner, James A.F. 2012. Manajemen. Prentice-Hall

Subkhi, A. dan Jauhar, M. 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Jakarta : Prestasi Pustaka

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : Andi

Sugianto, J dan Sugiharto, S. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Diakses 23 Desember 2020

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suhardi. 2018. Pengantar Manajemen Dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gaya Media

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi pendidikan. Bandung : Refika Aditama

Suhelayanti. et. al. 2020. Manajemen Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis

Suhir, M. et. al. 2014. Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal administrasi bisnis. Vol 8 (1). 1-10. Diakses 23 Desember 2020

Sumartini, L dan Tias, D. 2019. Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-BIS Vol. 3 NO. 2. Diakses 22 Desember 2020

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi,dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 1291-1301. Diakses 20 Desember 2020

Tisnawati, E dan Saefullah, K. 2017. Pengantar Manajemen. Jakarta : Edisi 1. Kencana

Tjiptono dan Chandra, G. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Utami dan Widya. 2017. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Permana, M. V. 2013. Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4 (2). Diakses 22 Maret 2021

Wijaya, Willy. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan konsumen Di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa. Diakses 20 Desember 2020

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.