Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Cafe Kopi Djati Ciamis)

Dena Susilawati, Oyon Saryono, Faizal Haris Eko Prabowo

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis yang dapat dilihat dari adanya penurunan konsumen selama periode September 2020 s.d Januari 2021. Hal tersebut diakibatkan karena belum optimalnya kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui: Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis, Pengaruh fasilitas  terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis dan Pengaruh kualitas layanan dan fasilitas  terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.500 orang konsumen Cafe Kopi Djati Ciamis. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, sehingga ukuran sampel yang didapatkan adalah sebanyak 98 orang dengan menggunakan teknik Accidential Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, artinya konsumen yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji t, analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis, dengan besarnya pengaruh 67,73% dan sisanya 32,27% dipengaruhi oleh faktor lain. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis, dengan besarnya pengaruh 47,05% dan sisanya 52,95% dipengaruhi oleh faktor lain. Kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Djati Ciamis, dengan besarnya pengaruh 71,40% dan sisanya 28,60% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan Cafe Kopi Djati Ciamis mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas bagi konsumen sehingga akan meningkatkan kepuasan konsumennya, namun demikian perusahaan perlu lebih memperhatikan tingkat kualitas pelayanan pada indikator responsiveness yaitu dengan cara memberikan respon yang lebih cepat saat konsumen melakukan pembelian, fasilitas pada indikator fasilitas yang ditawarkan yaitu dengan cara lebih memperhatikan lagi kebersihan toilet dan kepuasan konsumen pada indikator perasaan puas yaitu dengan memberikan pelayanan yang lebih maksimal agar konsumen lebih merasa puas.

Full Text:

PDF

References


A. Parasuraman, Valerie A. Zeithaml. Leonard Berry. 2009. A Conceptual Model Of Service Quality And Its Implication For Future Research. Journal Of Marketing : Volume 49.

A. R, Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2009 Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Aditya, Tjiptono. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 2011:23.

Alma, Buchory. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Amstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Arvianto , B. R. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap. Jurnal Gema Wisata, 129-136.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Buchory, Achmad Herry & Saladin Djsalim. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung : Linda Karya.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Yogyakarta : Ombak

Bugin, M. Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 3. Jakarta : Kencana Prenda Media Group

Fandy, Tjiptono. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Faris L. Lumentut. I. D. Palandeng. 2014. Fasilitas, Servicescape, Dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal EMBA, 126-136.

Handoko. 2009. Manajemen Cetakan Duapuluh. Yogyakarta : BPEE.

Hasibuan, H. & Malayu, S.P. 2007. Manajemne Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

_______. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

_______. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jogiyanto Hartono. 2012. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi kedelapan. Yogyakarta : BPFE

Kertayaja, Hermawan, 2003, Hermawan Kertajaya on Service. Jakarta : Mizan Pustaka.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Prehallindo.

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Diterjemahkan oleh benyamin Molan. Jakarta : Indeks

Kotler, Philip; Armstrong Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, Rambat, dan HAmdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Selemba Empat.

Moha, S. S. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan. Jurnal EMBA, 575-584.

Munawir. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 204-215.

Nugroho, Sarwo. 2015. Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nirwana. 2004. Prisip-Prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma

Robbins, S. & Coulter, M. 2012. Management. Eleventh edition. Prentice Hall. New Jersey. Tersedia : http://leadingandfollowing.com/documents/OCAQParticipantManual.p df. [19 Oktober 201].

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta : PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Sri Wilujengn SP. 2007. Pengantar Manajemen. Edisi Pertam., Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, , Jakarta : PT. Gramedia.

_______. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

_______. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Supranto dan Limakrisn, N. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tauha, M. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Pada Jurnal Ilmiah Maksitek, 1-12.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta : ANDI

_______. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

_______. 2004. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset

_______. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

_______. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset

_______. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset.

_______. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta : Andi

_______. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset

Tjiptono & Chandra, G. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi ketiga Yogyakarta : ANDI

_______. 2015. Service, Quality & Satisfaction. Edisi ke-4. Yogyakarta : Andi

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. Jakarta : PT. Indeks

Wirjana. 2007. Mencapai Manajemen Berkualitas. Jakarta : Andi.

Zaenudin, A. T. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas. Open Journal System, 486-497.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.