PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN RENTANG KENDALI TERHADAP KINERJA ORGANISASI (Studi Kasus pada Toserba Gunasalma Kawali)

Fazar Aly, Sukomo Sukomo, Nina Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh struktur organisasi dan rentang kendali terhadap kinerja organisasi (studi kasus pada Toserba Gunasalma Kawali). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Seberapa besar pengaruh struktur organisasi terhadap kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali? 2) Seberapa besar pengaruh rentang kendali terhadap kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali? 3) Seberapa besar pengaruh struktur organisasi dan rentang kendali terhadap kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh struktur organisasi terhadap kinerja organisasi. 2) Besarnya pengaruh rentang kendali terhadap kinerja organisasi. 3) Besarnya pengaruh struktur organisasi dan rentang kendali terhadap Kinerja Organisasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi product moment, uji koefisien determinasi, uji hopotesis menggunakan uji signifikansi (uji t) dan uji F serta uji regresi linier ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Struktur organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali dengan besarnya pengaruh sebesar 45,02%. Semakin baik struktur organisasi maka akan semakin meningkat pula kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali. 2) Rentang kendali berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali dengan besarnya pengaruh sebesar 33,41%. Semakin baik rentang kendali maka akan semakin meningkat pula kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali. 3) Struktur organisasi dan rentang kendali berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali dengan besarnya pengaruh sebesar 50,50%. Semakin baik struktur organisasi dan rentang kendali maka akan semakin meningkat pula kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali. Begitupula sebaliknya, semakin menurun struktur organisasi dan rentang kendali produk maka semakin menurun pula tingkat kinerja organisasi pada Toserba Gunasalma Kawali.

Full Text:

PDF

References


Gitosudarmo, Indriyo dan Agus Mulyono. 2011. Prinsip Dasar Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Herlambang, Susatyo. 2014. Perilaku Organisasi Cara Mudah Mempelajari Perilaku Manusia Dalam Sebuah Organisasi. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis dan Jackson. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Moorhead, Gregory & Ricky W. Griffin. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, P. Stephen. 2012. Perilaku Organisasi Konsep Kontroversi Aplikasi. Jakarta: Prenhallindo.

Sugiyono. 2018. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.