PENGARUH SIKAP KERJA DAN ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Suatu Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis)

Risma Pujiyanti, Muhammad Zaki Rahman, Marlina Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kinerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis yang dapat dilihat dari aspek kualitas kerja diketahui bahwa masih ada pegawai yang belum sepenuhnya mampu bekerja sesuai dengan instruksi yang telah ditetapkan oleh organisasi sehingga berdampak pada belum optimalnya pelaksanaan promosi dan regulasi investasi daerah. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya sikap kerja pegawai serta pelaksanaan organizational learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh sikap kerja terhadap kinerja pegawai?; 2) Bagaimana pengaruh organizational learning terhadap kinerja pegawai?; 3) Bagaimana pengaruh sikap kerja dan organizational learning terhadap kinerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah pegawai ASN di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis yang berjumlah 35 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 35 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Sikap kerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Artinya semakin baik sikap kerja pegawai maka kinerja pegawai akan meningkat; 2) Organizational learning pegawai pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan organizational learning terhadap kinerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Artinya semakin baik organizational learning maka kinerja pegawai akan meningkat; 3) Kinerja pegawai pegawai pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis adalah tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap kerja dan organizational learning terhadap kinerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Artinya semakin baik sikap kerja pegawai dan pelaksanaan organizational learning maka kinerja pegawai akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia. BPFE-Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Haryanti. 2010. Organisasi Pembelajaran dan Pembelajaran Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Kinicki, A. 2013. Perilaku Organisasi (diterjemahkan oleh Erly Suandy) Buku 1, Edisi kesembilan. Jakarta : Salemba Empat.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2012. Manajemen Sumber daya Manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwanto, H. & Priansa, Donni. 2012. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Rivai, Veithzal 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Robbins, Stephen. 2011. Perilaku Organisasi, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Schein, Edgar H., 2010. Organizational Culture and Leadership, San Francisco : Jossey Bass.

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Sedarmayanti, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Refika. Aditama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja . Edisi Keempat . Jakarta : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.