PENGARUH CORPORATE IDENTITY DAN PLACE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Dealer Mobil Suzuki PT. Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya)

Kiko Yasin Fadillah, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian konsumen pada Dealer Mobil Suzuki PT. Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya yang dapat dilihat dari jumlah konsumen yang membeli mobil selama periode bulan Januari-Desember 2020 yang cenderung menurun. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya corporate identity dan place atmosphere. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1)Bagaimana pengaruh corporate identity terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Suzuki Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya?; 2) Bagaimana pengaruh place atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Suzuki Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya?; 3) Bagaimana pengaruh corporate identity dan place atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Suzuki Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Suzuki Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya  pada bulan  Januari–Desember 2020 yaitu sebanyak 227 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 69 orang. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji f.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa : 1)  Terdapat pengaruh positif dan signifikan corporate identity terhadap keputusan pembelian pada Dealer Mobil Suzuki PT. Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya. Artinya apabila corporate identity sudah baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan place atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Dealer Mobil Suzuki PT. Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya. Artinya apabila place atmosphere sudah baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat; 3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan corporate identity dan place atmosphere terhadap terhadap keputusan pembelian pada Dealer Mobil Suzuki PT. Cakra Putra Parahyangan Tasikmalaya. Artinya apabila corporate identity dan place atmosphere sudah baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Promosi. Bandung: Alfabeta.

Anggoro, M. Linggar, 2012. Teori marketing dan membangun citra perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Barry Berman dan Joel R Evans, 2010. Retail Management. 12 th. Edition. Jakarta; Pearson.

Endang Mulyatiningsih. 2012. Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta. Ghozali, Imam.

Handoko, 2010, Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, Edisi kedua, BPFE UGM Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kanuk dan Schiffman. 2012. Perilaku Konsumen .Edisi ke Tujuh, PT. Indeks, Jakarta

Kasali, Rhenald. 2013. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 12. Alih Bahasa Benyamin Molan.Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13 jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Nazir. Moh. 2010. “Analisis Determinan Pendapatan Pedagang Kaki Lima di. Kabupaten Aceh Utara.” Tesis.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan. Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Riel, Van dan Cees B.M. 2010. Principles of Corporate Communication: Prentice.

Rika Mandasari. 2013. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sanctuary Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia.

Schein, Edgar H., 2010,”Organizational Culture and Leadership”, Jossey Bass,. San Francisco.

Stanton J. William, 2010, Prinsip Pemasaran, , Edisi ke 7,. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Sulastiyono, Drs, M.Si. 2010. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Jakarta: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2013. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta : Andi.

Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 10. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.