PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT DAN TESTIMONI TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Konsumen MS Glow Ciamis)

Rieska Hanggaraningrum Ermawan, Apri Budianto, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya purchase intention pada MS Glow Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan penggunaan celebrity endorsment dan terstimoni pada MS Glow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention; 2) Pengaruh testimoni terhadap purchase intention pada produk MS Glow Ciamis; 3) Pengaruh celebrity endorsement dan testimoni terhadap purchase intention pada produk MS Glow Ciamis. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana dan berganda, dan penggujian hipotesis (Uji t,Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan celebrity endorsment pada MS Glow Ciamis sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan celebrity endorsment terhadap purchase intention; 2) Testimoni pada MS Glow Ciamis sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan testimoni terhadap purchase intention; 3) Purchase intention pada MS Glow Ciamis adalah sangat tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif celebrity endorsment dan testimoni terhadap purchase intention pada MS Glow Ciamis. Artinya jika pelaksanaan celebrity endorsment dan testimoni sudah baik maka purchase intention akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2016, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Bandung : Alfabeth,.

Assael, Henry. 2012. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2011. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Ancellawati. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

_______. 2013. Manajemen Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philips dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. edisi pertama, penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2010. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Ujianto, Abdurachman. 2012. Faktor-Faktor yang Menimbulkan kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung", Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6 , No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.