PENGARUH MARKETING MIX DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi Pada Konsumen Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis)

Alenjis Ande Resman, Oyon Saryono, Faizal Haris Eko Prabowo

Abstract


Keterbatasan biaya produksi yang mengakibatkan perusahan kurang dalam melayani keinginan konsumen. Konsumen tidak mengetahui bahwa produk tersebut sudah menggunakan konsep yang ramah lingkungan ,itu karena kurangnya pemahaman mengenai produk ramah lingkungan ataupun pihak perusahaan .Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh  marketing mix dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian” (Studi Kasus Pada Konsumen Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana pengaruh  marketing mix  terhadap keputusan pembelian pada Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis;Bagaimana pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian  Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis?; Bagaimana pengaruh  marketing mix dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis; Pengaruh  marketing mix  terhadap keputusan pembelian pada Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis;Pengaruh Sikap Konsumen terhadap keputusan pembelian Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis; Pengaruh  marketing mix dan Sikap Konsumen terhadap keputusan pembelian Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan jumalh populasi sebanyak 1.980 dan sampelnya sebanyak 95 orang konsumen. Sedangkan penggunakaan analisis data yang digunakan adalah analisisi koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Marketing Mix terhadap keputusan pembelian pada Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis  adalah sebesar 37,5%, sementara 62,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.; sikap konsumen  terhadap Keputusan Pembelian pada Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis  adalah sebesar 19,9%, sementara 80,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; marketing mix  dan sikap konsumen  terhadap keputusan pembelian pada Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis adalah sebesar 44,09% sementara 55,91% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Diharapkan Abon Kelapa Terekel Baregbeg Ciamis meningkatkan marketing mix dan sikap konsumen sehingga akan lebih meningkatkan keputusan pembelian. Kata Kunci: marketing mix , sikap konsumen, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


D’Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., and Peretiatkos, R. 2006. Green Product and Corporate Strategy: An Empirical Investigation. Society and Business Review. Vol. 1 Iss: 2, 144-157.

Ady, Rony Arpito. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Berbasis Marketing mix Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang Menempati Perumahan Citra Pesona Indah Colamandu). Jurnal Ilmiah Akuntansi Edisi No.8, 5-6.

Ali Hasan, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Angeline, Magdalena Elisabeth. 2015. Hubungan Marketing mix terhadap Pilihan Konsumen (Studi Kasus Pada The Body Shop Manado).Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.