PENGARUH KEPERCAYAAN BELANJA ONLINE DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI DI TOKOPEDIA (Suatu Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)

Ai Siti Aisyah, Nurdiana Mulyatini, Lia Yulia

Abstract


Minat beli adalah bagian dari proses keputusan pembelian dari konsumen, dimana prosesnya diawali dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan belanja online dan pengalaman pembelian terhadap Minat Beli secara bersama-sama maupun secara parsial. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian pada Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Sampel yang digunakan sebanyak 146 orang responden dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kepercayaan belanja online berpengaruh terhadap minat beli. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pengalaman pembelian berpengaruh terhadap minat beli. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kepercayaan belanaja online dan pengalaman pembelian berpengaruh terhadap minat beli.

Full Text:

PDF

References


Ferdinan, Augusty, Pengembangan minat beli merek ekstensi. Badan penerbit Univesitas. Diponegoro Semarang 2002.

Kim, et al. 2013 Factor Influencing Customer Acceptance Of Kiosk At Quick Service And Buying Experience. Journal of Hospitaly and Tourism Technology, Vol 4 Iss 1 pp. 40-63.

Kotler Philip, 20008. Marketing Management Pearson Education Inc.

Kweek Choon., Chai, Lau Teck & Tani Hoi Piew 2017 The Effects of Shopping Orientation, Online Trust and Prior Online Purchase xperience towand Customer’s Online Purchase Intention. International Bisiness Research, Malaysia

Ling, K.C., L., T., & T. HOI. 2010. (The effect of shopping orientation, online truts and prior online purchase ekperience towrd customers’ online purchase intetion, International Business Research. 3C3)

MADCOMS, 2011. Aplikasi web database dengan dreamweaver dan PHP .MYSQL., Yogyakarta penerbit Andi.

Internet:

Sumber: Situs jual beli online Fase 2 2020. Top Brand Award. Diakses dari http://www.topbrand-award.com/en/2020/06/situs-jual-beli-online-fase-2-2020/

pada tanggal 15 April 2021 pada jam 09.00 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.