PENGARUH EMOTIONAL BRANDING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY (Suatu Studi Pada Konsumen Produk Tas Merek Animo di UKM Animo Padaherang)

Teni Mulyani, Oyon Saryono, Faizal Haris Eko Prabowo

Abstract


Teni Mulyani, NIM 302170258. “Pengaruh Emotional Branding dan Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty (Suatu Studi Pada Konsumen Produk Tas Merek Animo di UKM Animo Padaherang)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Oyon Saryono, Drs., M.M. (Pembimbing I) dan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing II).Rendahnya Brand Loyalty (loyalitas merek) pada UKM Animo Padaheang disebabkan karena kurangnya dalam menjalin kedekatan dengan konsumen dan belum optimalnya dalam segi pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Adanya pengaruh Emotional Branding terhadap Brand Loyalty konsumen yang menggunakan Tas Animo di UKM Animo (Aniez Mode) Padaherang; Adanya pengaruh Customer Satisfaction terhadap Brand Loyalty konsumen yang menggunakan Tas Animo di UKM Animo (Aniez Mode) Padaherang; Adanya pengaruh terhadap Emotional Branding dan Customer Satisfaction terhadap Brand Loyalty konsumen yang menggunakan Tas Animo di UKM Animo (Aniez Mode) Padaherang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif/verifikatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi sederhana dan koefisien korelasi berganda, regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, sera uji f. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen UKM Animo (Aniez Mode) Padaherang yang berjumlah sebanyak 1.540 orang konsumen, sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, penyebaran angket/kuesioner). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: Emotional Branding dan Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty pada UKM Animo Padaherang dengan besarnya pengaruh 33,29% dan sisanya 66,70% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa apabila Emotional Branding dan Customer Satisfaction dilakukan dengan lebih optimal, maka Brand Loyalty akan semakin meningkat.

Full Text:

PDF

References


Afida, Siti Nur. 2015. Pengaruh Emotional Branding dan Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty (Survey pada pembeli sophie paris di Outlet Pandaan Pasuruan. Jurnal Sketsa Bisnis, 2(1):65-67. Diakses tanggal 10-12-2020.

Azizah, Annisa Nur. 2016. Analisis Pengaruh Experiental Marketing, Emotional Branding, dan Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada konsumen IKEA Alam Sutera). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Diakses tanggal 30-12-2020.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan strategy. Jakarta: Penerbit Qiara Media.

Karwulandari, Nita. 2017. “Pengaruh Emotional Branding, Brand Experience, dan Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Studi Pada Konsumen Produk Merek Rabanni Di Outlet Rabanni Cabang Kutoarjo”. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses tanggal 10-12-2020.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner Dan Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3.Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.