PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN CONSUMER REVIEWS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING (Suatu Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Program Studi Manajemen Tahun Angkatan 2017/2018)

Atik Sugandi, Nurdiana Mulyatini, Iyus Yustini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya produk kosmetik dan skincare yang masuk ke negara Indonesia. Dengan banyaknya produk kosmetik yang masuk membuat hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap produk dalam negeri, sehingga masyarakat cenderung memilih dan menggunakan kosmetik yang berasal dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Country of origin dan consumer reviews terhdap minat beli produk scarlett whitening pada Mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuatintitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis yang masih aktif sebanyak 165 orang, sampel yang dipilih sebanyak 62 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan kuesioner (angket).Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan country of origin terhadap minat beli pada Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya, dengan adanya pencantuman negara asal di sebuah produk menambah nilai konsumen untuk membeli. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan consumer reviews terhadap minat beli pada Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya, dengan banyaknya reviews yang diberikan konsumen di berbagai platform akan menambah minat beli konsumen. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap country of origin dan consumer reviews minat beli pada Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya, apabila Country of origin dan Consumer reviews sudah baik, maka Minat beli akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Amami, Moh Furqon. 2013. Pengaruh pesan iklan terhadap minat pembelian konsumen (survey pada mahasiswa S1 jurusan Administrasi Bisnis FIA Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2009-2011 yang memilih rokok Sampoerna A-Mild). Skripsi. FIA Universitas brawijaya: Malang.

Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Bandung: CV. Linda Karya

Doni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Kanitra, Althaf Revi dan Andriani Kusmawati. Pengaruh Country of origin dan online consumer review terhadap trust dan keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.61 No.1

Khammash, M. 2008. Electronic Word-of-Mouth: Antecedents of Reading Customer Review in On-line Opinion Platforms: A Quantitative Study From the UK Market. ADIS International Conference.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Rahma, Eva Sheilla. 2007. Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan dampaknya pada keputusan pembelian (studi pada pengguna telepon seluler merek sony Ericson di kota semarang). Tesis. Program Studi Magister Manajmeen Universitas Diponegoro: Semarang.

Rahma, Eva Sheilla. 2007. Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan dampaknya pada keputusan pembelian (studi pada pengguna telepon seluler merek sony Ericson di kota semarang). Tesis. Program Studi Magister Manajmeen Universitas Diponegoro: Semarang.

Rosyidi, Suherman. 2011. Pengantar Ekonomi. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.