PENGARUH TOTAL ASSET TURN OVER DAN FINANCIAL LAVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS (Suatu Studi Pada PT Astra Lestari Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019)

Ayu Nopia, Nurdiana Mulyatini, Lia Yulia

Abstract


Ayu Nopia, NIM. 3402170125.  Pengaruh total asset turn over dan financial laverage terhadap profitabilitas (suatu studi pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019) .Di bawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini,S,E,,M.M. (Pembimbing I) dan Lia Yulia. S.T.,M.M. (Pembimbing II). Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh total asset turn over dan financial laverage terhadap profitabilitas (suatu studi pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019). Permasalahan yang dihadapi dalam dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh total asset turn over pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019?;2)Bagaimana pengaruh financial laverage pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019?;3)Bagaimana pengaruh pengaruh total asset turn over dan financial laverage terhadap profitabilitas (pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Pengaruh total asset turn over pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019;2) Pengaruh financial laverage pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019;3) Pengaruh total asset turn over dan financial laverage terhadap profitabilitas (suatu studi pada PT Astra Lestari Tbk. periode 2010-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan penggunakaan analisis data yang digunakan adalah perhitungan total asset turn over, financial leverage dan profitabiltas juga menggunakan analisisi koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji t.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1). Total Asset turn over paa perusahaan mengalami fluktuasi yang cenderung naik turun, total aktiva yang di dapatkan juga mengalami naik turun. Berdasarkan hasil pengujian bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikaan antara total asset turn over terhadap profitabilitas.;2) Leverge finansial pada perusahaan mengalami fluktuasi, hala tersebut terjadi karena penggunaan sumber dana yang dikeluarka besar.berdasarkan perhitungan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara leverge finansial terhadap profitabilitas;3) Profitabilitas pada perusahaan mengalami fluktuasi yang cenderung menurun setiap tahunnya. Berdasarkan perhitungan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara total asset turn over dan leverge finansial terhadap profitabilitas.Diharapkan PT Astra Lestari Tbk meningkatkan total asset turn over dan leverge finansial sehingga akan lebih meningkatkan profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


Agus Harjito dan Martono, 2011. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta.

Agus, Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

________. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Agustin, Ririn. 2013. Laporan Keuangan Profitabilitas.pdf.

Brigham dan Houston. 2007. Essentials of Financial Management: Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto. 2016. Jakarta: Salemba Empat.

_______, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2016. Alih Bahasa : Ali Akbar Yulianto. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta Selatan. Salemba Empat.

_______. J. 2015. Fundamentals Of Financial Management (Concise Ed). South Western, Cengage Learning.

Fahmi, Irham, 2013. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

_______. 2014. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.