Pengaruh Person Organization Fit dan Personality terhadap Organizational Citizenship Behavior (Suatu Studi pada Tenaga Kependidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis).

Dian Adiana, Elin Herlina, Toto Toto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya organizational citizenship behavior pada Tenaga Kependidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya person organization fit dan  personality pegawai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh Person Organization Fit terhadap organizational citizenship behavior  (OCB) pada tenaga kependidikan FKIP Universitas Galuh?; 2) Bagaimana pengaruh Personality  terhadap organizational citizenship behavior  (OCB) pada tenaga kependidikan FKIP Universitas Galuh?; 3) Bagaimana pengaruh Person Organization Fit dan Personality terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada tenaga kependidikan FKIP Universitas Galuh?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah 31 orang responden sebagai tenaga kependidikan di kantor FKIP Universitas Galuh, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 31 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan person organization fit terhadap organizational chitizenship behavior pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Artinya apabila person organization fit sudah baik maka  organizational chitizenship behavior akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan personality terhadap organizational chitizenship behavior pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Artinya apabila personality sudah baik maka  organizational chitizenship behavior akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan person organization fit dan personality terhadap organizational chitizenship behavior pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Artinya apabila person organization fit dan personality sudah baik maka  organizational chitizenship behavior akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Andrew E. Sikula. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga. Bandung.

Andriani, G., Djalali, M. A., & Sofiah, D. (2012). Organizational Citizenship Behavior dan Kepuasan Kerja karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi.

Bretz, R. D., J., & Judge, T. A. (1992). The Relationship Between Person Organization Fit and Career Success, 1–34.

Chan, D. (1996). Cognitive Misfit of Problem-Solving Style at Work: A Facet of Person-Organization Fit. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 68(3), 194–207.

DR. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., Metode Penelitian Kuantitatif, Rosda, Bandung, 2019.

Dita Amanah dan Dedy Ansari Harahap. 2018. Examining The Effect of Product Assortment and Price Discount Toward Online Purchase Decision of University Student in Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 20, No 2.

Fitriastuti, Triana. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Karyawan. Semarang: Jurnal Dinamika Manajemen.

Guntur, Wahono P., (2012). Pengaruh Person Organization Fit, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Perawat. Semarang: Management Analysis Journal.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT

Hasibuan, Malayu S.P, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Rema j a Rosdakarya.

Organ, D. W. 2013. Organizational Citizenship Behavior: It’s Construct Clean Up Time. New York: Human Performance.

Podsakoff, P. M., Mackenzie, S. B., Paine, J. B., & Bachrach, D. G. (2000). Organizational citizenship behaviors: A critical review of the theoretical and future research. Journal of Management, 26(3), 513–563

R Supomo,Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Manusia. Bandung : Penerbit Yrama Widya.

Rivai, Veitzhal. dan Basri, A. (014. Performance Appraisal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. (2007). Organiational Behavior (Twelfth Edition). New Jersey: Pearson Education Inc.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2014. Manajemen. Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Silalahi, Ulber. 2011. Asas-asas Manajemen. Cetakan Kesatu. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supomo, R. 2018. Pengantar Manajemen. Bandung: Penerbit Yrama Widya

Wade, Carole, & Tavris, Carol. (2007). Psikologi: Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Wei, Y. (2013). behavior : Time perspective, (October 2013), 101–114.

Westerman, J. W., & Cyr, L. A. (2004). An integrative analysis of person – organization fit theories. International Jounal of Selection and Assessment, 12(3), 252–261.

Yahaya, A., Boon, Y., Ramli, J., Baharudin, N. A., N., Ismail, J., & Shariff, Z. (2011). The implications of Organizational Citizenship Behavior (OCB) towards the dimensions of Learning Organization (LO) in organizations in Southern Malaysia. African Journal of Business Management, 5(14), 5724–5737.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.