PENGARUH KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN PENGHARGAAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI (Suatu Studi pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis)

Arul Irawan Sutara, Renny Sri Purwanti, Wiwin Setianingsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya prestasi kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis yang dapat dilihat dari masih adanya pegawai yang belum mencapai hasil kerja yang mendekati sempurna seperti terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh pegawai sub bagian keuangan dalam menginput pencatatan keuangan. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya aktualisasi diri dan penghargaan yang diberikan oleh pihak instansi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh kebutuhan aktualisasi diri terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas PUPR dan Pertanahan Kabupaten Ciamis?; Bagaimana pengaruh penghargaan terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas PUPR dan Pertanahan Kabupaten Ciamis?, Bagaimana pengaruh kebutuhan aktualisasi diri dan penghargaan terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas PUPR dan Pertanahan Kabupaten Ciamis yaitu sebanyak 169 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, Analisis Regresi Linear Sederhana dan Berganda, dan Penggujian Hipotesis (Uji t,Uji F). Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Kebutuhan aktualisasi diri  pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis adalah sudah baik dan ini berpengaruh signifikan terhadap terhadap prestasi kerja pegawai. Artinya jika aktualisasi diri sudah baik maka prestasi kerja pegawai akan meningkat; Penghargaan  pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis adalah sudah baik dan ini berpengaruh signifikan terhadap terhadap prestasi kerja pegawai. Artinya jika pemberian penghargaan suadah baik maka prestasi kerja pegawai akan meningkat; Prestasi kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis adalah tinggi. Kebutuhan aktualisasi diri dan penghargaan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai. Artinya jika aktualisasi diri dan penghargaan sudah baik maka prestasi kerja pegawai akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung :Remaja Rosdakarya.

Agustini, F. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan : Unimed

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Edwin B Flippo, 2012, Personel Management (Manajemen Personalia), Edisi. VII Jilid II, Terjemahan Alponso S, Jakarta : Erlangga.

Effendi, Usman. 2014. Asas-Asas Manajemen. Depok: Katalog Dalam Terbitan. (KDT).

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Liberty.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Kadarisman, M. 2012. Manajemen kompensasi. Jakarta: Rajawali pers.

Peraturan Bupati Ciamis No 42 Tahun 2016 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan.

Rivai, Veithzal. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P., and Mary Coulter. 2015. Management. 11th. New Jersey : Prentice Hall.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Winardi. 2010. Motivasi, Permotivasian, dan Manajemen, Edisi Kesatu, Cetakan. Kesatu, Jalarta : PT.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.