ANALISIS METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI (Suatu Studi pada Perusahaan Karya Petani Selatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)

Melia Julianti, Enas Enas, Marlina Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada analisis metode material requirement planning dalam meningkatkan hasil produksi (Suatu Studi pada Perusahaan Karya Petani Selatan di Langkaplancar Kabupaten Pangandaran). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis metode Material Requirement Planning dalam meningkatkan hasil produksi pupuk pada Karya Petani Selatan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Analisis Material Requirement Planning dalam meningkatkan hasil produksi pada Karya Petani Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan material requirement planning (MRP). Berdasarkan hasil dari material requirement planning diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan pada bulan Agustus 2021 adalah 32 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan pada bulan September 2021 adalah 32 hari. Serta waktu untuk menyelesaikan pesanan pada bulan Oktober 2021 adalah 14 hari.Kata Kunci: Material Requirement Planning, Proses Produksi. Perencanaan Material.

Full Text:

PDF

References


Dedy Ansari Harahap dan Dita Amanah. 2018. Pengantar Manajemen. Bandung : ALFABETA,Cv

Eddy Herjanto. 2010. Manajemen Operasi. Jakarta : PT Grasindo

Jay Heizer dan Barry Render. 2010. Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Edisi Revisi PT Bumi Aksara.

Nur Rahmawati dan Ayu Aimmatus Sholichah. 2018. Pengendalian Persediaan Material Untuk Mememnuhi Sistem Produksi Make To Order Menggunakan Material Requirement Planning (MRP). Jurnal Fakultas Teknologi Industri.

Dwika. 2010. Penerapan Material Requirements Planning (Mrp) Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Jamu Sehat Perkasa Pada Pt. Nyonya Meneer Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi.

Ika. 2018. Analisis Penerapan Metode Material Requirement Planning (Mrp) Pada Industri Sepatu Dan Sandal Kulit Dimas Kabupaten Magetan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

T. Hani Handoko. 2010. Manajemen Produksi dan Operasi, edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Kukuh dan Putu. 2018. Analisis Material Requirement Planning Produk Coconut Sugar Pada Kul - Kul Farm. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali. Vol 7 (12).

Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi (Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan). Edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Adelia. Nia. 2016. Penerapan Material Requirement Planning (MRP) dengan Mempertimbangkan Lot Sizing dalam Pengendalian Bahan Baku pada PT. Phapros, Tbk. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Vol 15 (1).

Trio. 2017. Analisis Material Requirement Planning (Mrp) Di C-Maxi Alloycast. Jurnal Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol 5 (2).

Dede. Nurdiana dan Elin. 2019. Analisis Material Requirement Planning Dan Manajemen Rantai Pasokan Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Suatu Studi Pada Pt. Tjiwulan Putra Mandiri Di Tasikmalaya). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Vol 1 ( 3).

Erni dan Derlini. 2018. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produk Sepatu Kulit Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (Mrp) (Study Kasus Cv. Kotama Shoes). Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Medan. Vol 31 (2).

Dian Wijayanto. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Puri Lestari. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Pada Mahasiswa Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung). Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.