PENGARUH PENERAPAN LAYANAN MARKETING SYARIAH DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Suatu Studi pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran)

edwin nurfaizal, aini kusniawati, iwan setiawan

Abstract


PENGARUH PENERAPAN LAYANAN MARKETING SYARIAH DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN(Suatu Studi pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran)  Oleh: EDWIN NURFAIZAL3402170098 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri belum sepenuhnya optimal yang dapat dilihat dari adanya nasabah yang melakukan transaksi baik itu transaksi keuangan dalam pembiayaan maupun tabungan ke jasa keuangan lain. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya penerapan layana marketing syariah dan kepuasan pelanggan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh penerapan layanan marketing syariah terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran?; 2) Bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran?; 3) Bagaimana pengaruh layanan marketing syariah dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh penerapan layanan marketing syariah terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran, 2) Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran, 3) Pengaruh layanan marketing syariah dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah rata-rata jumlah nasabah Bank Syariah Mandiri Pangandaran selama periode bulan September – Desember 2020 yaitu sebanyak 1.671 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 95 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.  Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Layanan marketing syariah pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangandaran  termasuk dalam kategori baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan layanan marketing syariah terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangandaran; 2) Kepuasan pelanggan pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangandaran  termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangandaran; 3) Loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangandaran  termasuk dalam kategori sangat tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan layanan marketing syariah dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangandaran. Artinya jika layanan marketing syariah sudah baik dan kepuasan pelanggan tinggi maka loyalitas pelanggan  akan meningkat. Kata Kunci:      Layanan Marketing Syariah, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Allen, Plunket, Attner. 2011. Management An Approach to Customer Expectations. South Western: Cengage Learning.

Durianto. 2011. Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Jakarta Gramedia Pustaka.

Durianto, Darmadi. 2011. Brand Equity ten: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Jakarta Gramedia Pustaka Utara.

Irawan, Handi. 2010. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2010. Kotler on Marketing Bagaimana Menciptakan, Memenangi, dan Mendominasi Pasar. Alih Bahasa oleh: Agus. Tangerang: Tangerang Karisma Publishing Group.

_______ dan Kevin Lane. 2010. Marketing Management. Alih Bahsasa oleh: Fatmawati. Malang: Kantor Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

McKenna. 2011. Relationship Marketing. Alih Bahasa oleh: Regis. Malang: Kantor Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang.

Palilati, Alida. 2011. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Saluran Distribusi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Peter, J. Paul. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1: Consumer Behavior. Jakarta: Erlangga.

Peterson, Wison. 2012. Rencana Pemasaran Bagaiaman Menyusun dan Melaksanakannya. Alih Bahasa oleh: Pawitra. Bogor: Erlangga.

Stanton J, William. 2011. Analisis dan Usulan Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan. Alih Bahasa oleh: Saputra. Bandung: Kantor Perpustakaan Universitas Negeri Padjajaran

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Syakir, Hermawan . 2010. Pemasaran Syariah Teori, Filosofi & Isu-isu Kontemporer. Depok: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.