PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Alfamart Jl. Husein Kartasasmita Kota Banjar)

Sri Sunarti, Apri Budianto, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan pelanggan pada Alfamart Jl. Husein Kartasasmita Kota Banjar yang diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan customer relationship management dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh customer relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan; 2) Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan; 3) Bagaimana pengaruh customer relationship marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Jl. Husein Kartasasmita Kota Banjar. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana dan berganda, dan penggujian hipotesis (Uji t,Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan customer relationship marketing pada Alfamart Jl. Husein Kartasasmita Kota Banjar termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan customer relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan; 2) Kualitas produk pada Alfamart Jl. Husein Kartasasmita Kota Banjar termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan; 3) Kepuasan pelanggan pada Alfamart Jl. Husein Kartasasmita Kota Banjar termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan customer relationship marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Artinya jika pelaksanaan customer relationship marketing dan kualitas produk sudah baik maka kepuasan konsumen  akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2011. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Ancellawati. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philips dan Keller, Kevin. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2012. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis. Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan. Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Tandjung. 2012. Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Penerbit Bayumedia, Malang.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra. 2010. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Wilkie, William L. 2010. Customer Behavior (Third Edition). New York. Jhon Wiley & Sons, Inc, s.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.