PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (Studi pada PT. Daya Anugrah Mandiri Ciamis (Daya Motor))

Arip Hidayatulloh, Mochamad Aziz Basari, Enjang Nursolih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian konsumen pada Daya Motor Ciamis belum sepenuhnya optimal, hal tersebut dapat dilihat dari masih adanya konsumen yang kurang memiliki kepercayaan terhadap produk Honda yang dipasarkan oleh perusahaan serta masih ada konsumen yang mengeluh mengenai kualitas produk. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya citra merek dan persepsi harga. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana  pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Daya Motor Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Daya Motor Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Daya Motor Ciamis?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini konsumen pada PT Daya Anugrah Mandiri atau Dealer Daya Motor Ciamis periode bulan Januari-Desember 2020 yaitu sebanyak 1.274 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 93 orang menggunakan simple random sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Citra Merek pada Daya Motor Ciamis selama ini sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian pada Daya Motor Ciamis. Artinya apabila citra merek motor Honda sudah baik, maka  keputusan pembelian konsumen akan meningkat; 2) Persepsi harga pada Daya Motor Ciamis selama ini sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada Daya Motor Ciamis. Artinya apabila persepsi harga motor Honda sudah baik, maka  keputusan pembelian konsumen akan meningkat; 3) Keputusan pembelioan pada Daya Motor Ciamis selama ini adalah tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada Daya Motor Ciamis. Artinya apabila citra merek dan persepsi harga motor Honda sudah baik, maka  keputusan pembelian konsumen akan meningkat.

Full Text:

PDF PDF

References


Agustina Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Akbar, Adam. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, volume 12, nomor 2.

Alfian B. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Universitas Hasanuddin. Tersedia pada https:// eprints.uny.ac.id/13625/1/SKRIPSI%20MUHAMMAD%20ROMADHONI_10603 141008.pdf.

Anwar, I., & Satrio, B. 2017. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal manajemen, Vol. 1 No2.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Buchari,Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi revisi Yogyakarta: Ombak.

David, Aaker A. dan Alexander L. Biel. 2012. Managing Brand Equity : Capitalizing on The Value of Brand Name. New York : Free Press(Mobilpocket Reader Version).

Dharmmesta Basu Swastha & Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis PerilakuKonsuemen. BPFE: Yogyakarta.

Dinawan. 2010. Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Free Press. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Effendi, Usman. 2014. Asas-Asas Manajemem. Depok: Katalog Dalam Terbitan.

Fatlahah, Aniek. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian es cream wall’s magnum (survey pada konsumen Alfamart Bogor). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1No. 3.

Foxall, Gordon R., Ronald E. Goldsmith, Stephen Brown. 2011. Consumer. Psychology for Marketing. Second edition. London : Thomson.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Harjuno, Puger. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu.S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hermawan Kartajaya. 2010. Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta : Esesnsi Erlangga Group.

Kanuk dan Schiffman L.G. 2012. Perilaku Konsumen. PT Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi 14. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

_______ dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

_______. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Maulana, Amalia E. 2010. Brand, Branding dan Peranannya bagi Perusahaan, (http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya-bagiperusahaan/

Mowen, John C. dan Michael Minor. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Romadhoni, Dhoni. 2015. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike pada Mahasiswa Fik Uny. S1 thesis, FIK UNY.

Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Norman A. Hart dan John Staplenton, 2015, Kamus Marketing, penerjemah. Anthony Than, Agustinus Subekti, edisi pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. 2014. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi. Pemasaran, Edisi keempat, Jakarta: Erlangga.

R. Supomo dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. Edisi Pertama. Jakarta: Trans Media Pustaka.

Safroni, 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Setiadi, Nugroho J. 2016. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Simamora, Bilson. 2015. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Grmedia.

Solihin, Ismail. 2011. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Sulistyari, Ikanita Novirina. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflamme (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.

Sumarwan, Ujang. 2013. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Ulber, Silalahi. 2011. Asas Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merk

Winardi. 2012. Marketing dan Perilaku Konsumen, Bandung: Penerbit CV. Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.