PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi Pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas)

ropik adiyasa, Nana Darna, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas yang dapat dilihat dari terjadinya penurunan jumlah nasabah selama periode tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan promosi dan inovasi produk yang dilakukan oleh pihak  bank. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas?; 2) Bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas?; 3) Bagaimana pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah nasabah kredit bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas tahun 2020 yang berjumlah 951 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 90 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)      Promosi pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi sebesar 0,681 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 46,40%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t hitung > t tabel t hitung = 8,745 sedangkan bobot  t tabel = 1,990. Jadi dari hasil perhitungan ternyata promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian; 2) Inovasi produk pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi sebesar 0,695 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 48,30%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t hitung > t tabel t hitung = 9,086 sedangkan bobot  t tabel = 1,990. Jadi dari hasil perhitungan ternyata inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian; 3) keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas adalah tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa promosi dan inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi sebesar 0,741 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 54,90%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa F hitung > F tabel F hitung = 52,97 sedangkan bobot  F tabel = 3,114. Jadi dari hasil perhitungan ternyata promosi dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. 2019. Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institute Agama Islam Negeri : Ponorogo. Tidak Diterbitkan.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. ALFABETA.

Arifin dan Khotimah. 2014. Pengaruh Inovasi Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Surakarta. Jurnal FEB UMS. 2 (6) 165-184. Diakses tanggal 28-01-2021

Assauri, 2002. Manajemen Pemasaran, dasar, konsep, dan strategi. Cetakan Ketiga. Jakarta : CV : Rajawali

Dhewanto, W. et al. 2015. Manajemen Inovasi. Bandung : CV Alfabeta.

Katuk dan Tumbel. 2019. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank BNI Kantor Cabang Pembantu Bahu. Jurnal EMBA. 7 (4) 4819-4828. Diakses tanggal 27-01-2021

Kotler and Keller. 2016. Maerketing Management,15th Edition. New York : Pearson Education, Inc

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas Jilid Satu. Jakarta : PT Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Ahli Bahasa. Bob Sbran. Jakarta : Erlangga.

______. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

_______ dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

_______. 2014. Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Denny. 2010. Perancangan Logo Dan Maskot Untuk Mendukung Promosi Wisata Kuliner Malam Warung Tradisional Di Surabaya. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV Alfabeta.

Meiliasari. 2017. Pengaruh Utility Atribut Dan Logo Produk Terhadap Keputusan Pembelian. http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/379.

Mowen, John C. dan Michael Minor. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Supranto. Limakrisna, Nandan. 2012. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Andi.

Yani, Putri. 2020. Pengaruh Produk Tabungan Emas, Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri : Bengkulu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.