Pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Suatu studi pada PT. Astra motor cabang banjar)

Ade Ridwan Maulana, Sukomo Sukomo, Mujaddid Faruk

Abstract


 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen pada PT. Astrea Motor Cabang Banjar yang dapat dilihat dari masih ada konsumen yang mengeluh mengenai kualitas produk tersebut yang belum sesuai dengan harapan konsumen. hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya citra perusahaan dan kualitas pelayanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Seberapa besar pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 2) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 3) Seberapa besar pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar; 2) Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar; 3) Besarnya pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah PT. Astra Motor Cabang Banjar pada bulan Agustus–Desember 2020 yaitu sebanyak 362 orang. Ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan angket). Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) Citra perusahaan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar selama ini adalah sangat baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Artinya jika citra perusahaan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 36,24%, 2) Kualitas pelayanan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar selama ini adalah sangat baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Artinya jika kualitas pelayanan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 57,91%, 3) Kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar selama ini adalah sangat tinggi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Artinya jika citra perusahaan dan kualitas pelayanan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 60,59%. 

Full Text:

PDF

References


Adianto, Abdillah, 2013, “Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, Profitabilitas Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEI”, Semarang: Universitas Nuswantoro, 2013.

Agustinus, Nugroho. 2016. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Restoran X Surabaya, Jurnal EMBA 639, Vol. 1, No. 3, Hal. 639-647.

Benjamin, Molan. 2010. Manajemen pemasaran jilid dua edisi milennium.Terjemahan oleh Hendra Teguh, Ronny, dari Marketing Management.10th ed.(2000),Jakarta.: Penhallindo

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak : Yogyakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi teori dan praktek. Bandung : PT Remaja.

Farida Jasfar. 2011. Manajemen Jasa. Ghalia Indonesi, Bogor.

Foedjiawati 2010, “Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetian Merek.” Jurnal manajemen & kewirausahaan, Vol. 7, No. 1. 74-82

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya manusia”. Jakarta: PT Bumi.

Irawan, H. 2010. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI.

Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kirom. 2015. Mengukur Kinerja & Kepuasan Konsumen : Servive

Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

_______. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

_______. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba. Empat.

Mesiono 2010 Manajemen dan Organisasi. Bandung, Citapustaka Media.

Nasution, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung:PT. Citra Adiya Bakti.

Nazir. 2010. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Mulford.

A. Parasuraman, V. A. 2011. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication forr Future Reaserch. Service Quality, 2015-220.

Rangkuti, Freddy, 2010. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated. Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Schein, Edgar H., 2010,”Organizational Culture and Leadership”, Jossey Bass,. San Francisco.

Sella Kurnia Sari. 2012. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel)”. Jurnal Pemasaran

Ardianto, Elvinaro, 2012. Komunikasi Teoritisasi dan Implikasi, Yogyakarta: Mata Padi Pressindo.

Solihin. 2010. MySQL 5 dari pemula hingga mahir. Jakarta : Universitas. Budi Luhur.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumarwan, Ujang, dkk. 2010. Pemasaran Strategik (Prespektif Value-Based. Marketing & Pebgukurab Kinerja). IPB Pres.

Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Supranto, J. 2010. Statistika. Jakarta: Erlangga.

Sutopo, 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam. Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Teguh, Muhammad. 2010. Ekonomi Industri. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi Ketujuh. Yogyakarta : Andi.

_______. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.

_______. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Wedarini, Ni Made Sinta. 2012. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan telkom flexi. Bali: Universitas Udayana.

Wijayanti, 2010. Manajemen, Jogjakarta: Mitra Cendekia Press.

Wilkie, W. L., 2010. Consumer Behavior. Second Edition. John Wiley & Son, Inc. Canada.

Yamit, Zulian. 2011. Manajemen Produksi dan Operasi. Ekonisia : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.