PENGARUH AMBIGUITAS PERAN DAN KONFLIK PERAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN (Suatu Studi Pada Karyawan PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap)

Dion Apriyana Saputra, Nurdiana Mulyatini, Nina Herlina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh optimalnya produktivitas kerja karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap yang dapat dilihat dari dari pelaksanaan dan hasil pekerjaan belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, selain itu dilihat dari aspek efisiensi masih ada pegawai yang belum mampu menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Hal tersebut diakibatkan oleh ambiguitas peran dan konflik peran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh ambiguitas peran terhadap produktivitas karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap?; 2) Bagaimana pengaruh konflik peran terhadap produktivitas karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap?; 3) Bagaimana pengaruh ambiguitas peran dan konflik peran terhadap produktivitas karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Pengaruh ambiguitas peran terhadap produktivitas karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap; 2) Pengaruh konflik peran terhadap produktivitas karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap; 3) Pengaruh ambiguitas peran dan konflik peran terhadap produktivitas karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap yang berjumlah 134 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 57 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Ambiguitas peran pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan ambiguitas peran terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap. Artinya apabila tingkat ambiguitas peran sudah terkelola dengan baik maka produktivitas kerja karyawan akan meningkat; 2) Konflik peran pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap adalah rendah. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan konflik peran terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap. Artinya apabila tingkat konflik peran peran rendah maka produktivitas kerja karyawan akan meningkat; 3) Produktivitas kerja karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap adalah tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan ambiguitas peran dan konflik peran terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Indo Java Rubber Co. Cilacap. Artinya apabila tingkat ambiguitas peran sudah terkelola dengan baik dan konflik peran rendah maka produktivitas kerja karyawan akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Agus Joko Triyono, A. P. (2017). Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Stres Kerja dan Kinerja Karyawan Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame Kota Semarang. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2, 92-100.

Catharina, F. (2001). Pengaruh Konflik dan Ambiguitas Peran Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Departement Call Center PT. Excelcomindo Pratama Jakarta). Skripsi, 1-86.

Ismi Rija Nur, T. H. (2016). Pengaruh Konflik Peran, Ambiguitas Peran dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 8, 1-18.

Labudo, Y. (2013, Juni). Disiplin Kerja dan Kompensasi Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal EMBA , 1, 55-62.

Luh Sri Kumbadewi, I. W. (2016). Pengaruh Umur, Pengalaman Kerja, Upah, Teknologi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-10.

Marlin Vicilia Sorongan, S. M. (2015, Maret). Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk. Jurnal EMBA, 3, 514-523.

Roni Faslah, M. T. (2013, Oktober). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan PT. Kabelindo Murni Tbk. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 1, 40-53.

Rosaputri, R. (2012). Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Variabel Stres Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Wates). Skripsi, 1-108.

Yasa, I. W. (2017, Maret). Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Media Stres Kerja Pada Dinas Kesehatan Kota Denpasar Bali. JAGADHITA:Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4, 38-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.