Analisis Competitive Intelligence Dalam Revolusi Industri 4.0 Untuk Keberlangsungan Suatu Usaha (Studi Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Ciamis)

Erna Karlinawati, Apri Budianto, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini berfokus pada analisis competitive intelligence dalam revolusi industri 4.0 untuk keberlangsungan suatu usaha (suatu studi pada perusahaan jasa pengiriman barang) permasalah yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana competitive intelligence dalam revolusi industri 4.0 untuk keberlangsungan suatu usaha pada perusahaan jasa pengiriman barang di daerah ciamis?; 2) Bagaimana keberlangsungan usaha jasa pengiriman di era industri 4.0? Adapun tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis competitive intelligence dalam revolusi industri 4.0 untuk keberlangsungan suatu usaha pada perusahaan jasa pengiriman barang di daerah ciamis. 2) Untuk mengetahui bagaimana keberlangsugan usaha jasa pengiriman di era industri 4.0.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan adalah dengan menggunakan Reduksi Data , Display Data dan Penarikan Kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) competitive intelligence dalam revolusi industri 4.0 pada perusahaan jasa pengiriman barang di Kabupaten Ciamis yaitu perusahaan PT. Indah Logistic Kargo, PT. Global Jet Express (J&T), PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE ), PT. Andiarta Muzizat (Ninja Van/Ninja Xpress), dan PT. SiCepat Express. Dapat disimpulkan bahwa perusahaan jasa pengiriman  berjalan cukup pesat hal ini bisa dilihat dari cabang-cabang  setiap perusahaan yang tersebar di seluruh indonesia dan juga teknologi yang semakin berkembang menjadikan perusahaan jasa pengiriman semakin meningkat setiap tahunnya. 2) keberlangsungan usaha jasa pengiriman di era industri 4.0 sangat berkembang bisa dilihat dari bagaimana pengguna jasa sangat antusias dalam menggunakan layanan jasa pengiriman barang.  Kata Kunci: Competitive Intelligence, Revolusi Industri 4,0

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rizwan Raheem. (2014). Competitive Intelligence and Marketing Effectiveness of Organization : An Investigation from Pakistan. Middle-East Journal of Scientific Research.Vol. 10, pp. 1565 – 1570

Alma, Buchari.2017. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alpabeta, Bandung

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Bahrin, Mohd Aiman Kamarul et al. 2016. Industry 4.0: A Review On Industrial Automation And Robotic, Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) UTM 78 (6-13),137–143.

Budianto, April. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Ombak

Dishman, Paul L & Jonathan L. Calof. (2008). Competitive Intelligence : a multiphasic precedent to marketing strategy. European Journal of Marketing.Vol. 42 (7/8), pp. 766-785

Cynthia A., and Bulley, K. (2014). Competitive Intelligence Information: A Key Business Success Factor, Journal of Management and Sustainability, 4.

Effendi, Usman. 2014. Asas Manajemen Cetakan II. Jakarta: Rajawali Pers

Gracanin, Saban & Edin Kalac, Dejan Jovanovic. (2015). Competitive Intelligence: Importance And Application In Practice.Review Of Innovation And Competitiveness, Vol. 1 (2), pp. 25-44

Handoko. 2013. Manajemen. BPEF-YOGYAKARTA

Hasibuan, Melayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasibuan, Melayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasibuan, Melayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hoedi Prasetyo, W. S. (2017). Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era Industri 4.0. Paper presented at the Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, Surakarta.

Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J.(2013). Recommendations for Implementing the Strategic Initiative Industrie 4.0. Industrie 4.0 Working Group, Germany.

Kolter Dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 13. Jakarta Erlangga

Kolter, P Dan Killer, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kolter, P Dan Killer, K.L. 2012. Marketing Manajemen 14TM Edition, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Nasri, Wadie. (2012). Conceptual Model of Strategic Benefits of Competitive Intelligence Process. International Journal of Business and Commerce. Vol. 1 (6), pp. 25-35

Paksy, Jesi Akbar Ratu. 2017. Karya Ilmiah Pada Kementrian Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Kemenkes

Robbins Dan Courter. 2012. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontoversi,Aplikasi. Jakarta: PT. Prendhallindo.

Savitri, A. 2019. Revolusi Industri 4.0 Mengubah Tatanan Menjadi Peluang Di Era Disrupsi 4.0. Yogyakarta: Penerbit Ganesida

Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Suranta, Brahmana. (2006). Peranan Data Warehouse untuk Mendukung Aktivitas Competitive Intelligence di PT. Telkom. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi III.

Suroso, Jarot Sembodo. (2013). Competitive Intelligence: Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Kepercayaan Terhadap Komitmen Organisasi Untuk Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi. International Seminar on Quality and Affordable Education. Vol. 2, pp. 289-301.

Thoba, Miftah. 2010. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Raja Garafindo

Zadeh, Davod Hossein & Vahid Khodaei Tehrani. (2015). Surveying the Influence of Competitive Intelligence on Business Performance (Evidence from Iran). Jurnal UMP Social Science and Technology Management.Vol. 3 (1).

_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

_______.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.