PENGARUH TAMPILAN FITUR DAN KENYAMANAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee)

Andres Julian, H Sukomo, roni marsiana

Abstract


PENGARUH TAMPILAN FITUR DAN KENYAMANAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee) Oleh: ANDRES JULIANNIM. 3402170347 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen penguna aplikasi e-commerce Shopee di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang diakibatkan oleh belum optimalnya tampilan fitur dan kenyamanan berbelanja online  pada Shopee. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Seberapa besar pengaruh tampilan fitur terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee?, 2) Seberapa besar pengaruh kenyamanan berbelanja terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee?, 3) Seberapa besar pengaruh tampilan fitur dan kenyamanan berbelanja terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu  untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh tampilan fitur terhadap kepuasan konsumen; 2) Besarnya pengaruh kenyamanan berbelanja terhadap kepuasan konsumen; 3) Besarnya pengaruh tampilan fitur dan kenyamanan berbelanja terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh yang Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Sutdi Manajemen Universitas Galuh tahun angkatan 2017/2018 yaitu sebanyak 406  orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 81 orang menggunakan simple random sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Tampilan fitur pada Aplikasi e-commerce Shopee selama ini sudah cukup baik. Terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan tampilan fitur terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi e-commerce Shopee di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Artinya jika tampilan fitur naik maka kepuasan konsumen akan naik. Adapun besarnya pengaruh sebesar 66,16%.; 2) Kenyamanan berbelanja online pada aplikasi e-commerce Shopee selama ini sudah cukup tinggi. Terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan kenyamanan berbelanja online terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi e-commerce Shopee di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Artinya jika kenyamanan berbelanja online meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 45,93%; 3) Kepuasan konsumen pada aplikasi e-commerce Shopee selama ini sudah tinggi. Terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan tampilan fitur dan kenyamanan berbelanja online terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi e-commerce Shopee di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Artinya jika tampilan fitur meningkat dan kenyamanan berbelanja online meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 69,22%. Kata Kunci:    Tampilan Fitur, Kenyamanan Berbelanja Online dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Armstrong, Kotler. 2016. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, In

Badrudin. 2014. Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Ishaak, A. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Belanja Online: Sebuah Studi Tentang Penyebab (Antecedents) Dankonsekuensi (Consequents). SIASAT BISNIS, 141-154.

Jiang, L. (Alice), Yang, Z., & Jun, M. 2013. Measuring consumer perceptions of online shopping convenience. J. Serv. Manag. Emerald 24 (2), 191–214.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management, 14th. Person Education.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Mullins, Walker, Jr., Boyd, Jr. 2019. Marketing Management. Mc Graw Hill.

Pramesti, D. Y., & Dkk. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan, Keragaman Produk, Danpromosie-Commerce terhadap Kepuasan konsumen shopee. JIMP, 27-39.

Rahardi, D. R. 2013. Pengaruh Karakteristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom, Volume 1 Nomor 1.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan. 2012. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, F. 2018. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, FAndy dan Gregorius Candra. 2015. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi

Wijaya, Candra dan Muhamad Rifa'i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.