PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP PURCHASING DECISIONS ONLINE SHOP (Suatu Studi Pada Konsumen Amir Cell Cijulang)

Dayat Herdiana, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini dilatarberlakangi konsumen sulit untuk bisa menanyakan lebih terperinci kepada penjual melalui obrolan (chatting) yang sudah disediakan oleh aplikasi Shopee, konsumen merasa ragu-ragu terhadap penjual karena kurang adanya jaminan keamanan akan produk yang dipesannya akan sampai di tempat tujuan sesuai dengan kondisi yang diharapkan dan konsumen sering kali mendapat masalah saat belanja online terutama dalam hal pembayaran, di mana konsumen tidak mempunyai rekening bank untuk transfer pembayaran sehingga pada akhirnya konsumen memilih belanja secara langsung di pasar atau toko terdekat.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh online customer review  terhadap purchasing decisions online shop? 2) Bagaimana pengaruh online customer rating terhadap purchasing decisions online shop? 3) Bagaimana pengaruh online customer review dan online customer rating  terhadap purchasing decisions online shop?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 95 orang dan sampel dalam penelitian ini diambil yaitu sebanyak 95 orang.Berdasarkan hasil penelitan bahwa: 1) Online customer review berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchasing decisions online shop. Artinya apabila Online customer review dilaksanakan dengan baik maka purchasing decisions online shop akan meningkat. 2) Online customer rating berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchasing decisions online shop. Artinya apabila Online customer rating dilaksanakan dengan baik maka purchasing decisions online shop akan meningkat. 3) Online customer review dan online customer rating berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchasing decisions online shop. Artinya  apabila Online customer review dan online customer rating sudah baik, maka purchasing decisions online shop akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Almana, A. M., & Mirza, A. A. 2013. The Impact Of Electronic Word Of Mouth On Consumers’ Purchasing Decisions. The Impact Of Electronic Word Of Mouth On Consumers’ Purchasing Decisions

Ardianti, Asri Nugrahani, dan Widiartanto. 2018. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Ejournal.Undip

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Febriana, Mitha dan Yulianto, Edy. 2018. Pengaruh Online Consumer ReviewOleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 yang Membeli dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis

Khammash, M. 2008. Electronic Word-of-Mouth: Antecedents of Reading Customer Reviews in On-line Opinion Platforms: A Quantitative Study From the UK Market. ADIS International Conference

Kenan Kanmaz, 2013. Importance of Online Product Reviews from a Consumer Perspective. Advances in Economic and Business

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketing, 12th Edition,Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga

Lackermair, Kailer & Kanmaz. 2013. Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business

Luo, C., Luo, X. R., Xu, Y., Warkentin, M., & Sia, C. L. 2015. Examining the moderating role of sense of membership in online review evalu-ations. Information & Management

Megawati, N. S. N. 2018. Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada Pada Mahasiswa FEB UNILA). Universitas Lampung

Mirza, A. A. 2013. The Impact Of Electronic Word Of Mouth On Consumers’ Purchasing Decisions. The Impact Of Electronic Word Of Mouth On Consumers’ Purchasing Decisions

Park, Lee, J., D. H., & Han, I. 2007. The effect of negative online customer reviews on product attitude: An information processing view. Electronic

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.